PC Muslimat NU Jember Libatkan UMKM dalam Peringatan 1 Abad NU

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Jember Bershalawat yang digelar di alun-alun oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jember, Kamis (18/8/2022)  bukan melulu berisi panggung pengagungan Rasulullah SAW dengan lantunan merdu Syekh Musthofa Atef, namun juga sebagai upaya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya kalangan NU dan pesantren. Tercatat tak kurang dari 200 stan yang disediakan panitia, terisi semua. Mereka menjual beragam produk UMKM, mulai dari makanan, buku hingga busana.

 

Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Jember termasuk organisasi  yang berpartisipasi dalam acara tersebut.  Dari 200 stan yang tersedia, 26 stan di antaranya diisi oleh ‘konsorsium’ Muslimat NU Jember.  

 

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam, PAC Muslimat NU Kalisat Gelar Santunan dan Vaksinasi Booster

 

“Kami ikut menyemarakkan Peringatan 1 abad NU, dengan mengisi stan di alun-alun, dan juga sekitar 5.000 Muslimat hadir di situ untuk menyaksikan Syekh Musthofa Atef,” ujar Ketua Muslimat NU Jember, Nyai Hj. Nurul Kamila Rosyidi kepada awak media ini di kediamannya, Sabtu (20/8/2022).

 

Menurutnya, rangkaian peringatan 1 abad NU cukup penting diiringi dengan kegiatan peningkatan UMKM. Pasalnya, ekonomi masyarakat saat ini belum pulih benar setelah cukup lama pingsan diterjang Covid-19.

 

“Kami sendiri di acara Muslimat mesti melibatkan UMKM, santunan dan sebagainya,” terangnya.

 

Sebelumnya, Bupati Jember Hendy Siswanto menegaskan bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi bangsa yang perlu terus  didorong agar berkembang. Ia lalu menyampaikan statmen Presiden Jokowi bahwa tahun ini kerawanan ekonomi masih mengintai Indonesia. Karena itu, tak boleh tidak, UMKM harus dikembangkan.

 

Baca Juga: Satu Abad NU Cairkan Sekat Politik Antara Bupati Jember dengan NU

 

Katanya, Pemkab Jember memaknai pulih dengan cepat, bangkit  lebih kuat sebagai tagline peringatan HUT RI ke-77 adalah pemberdayaan UMKM. Ibaratnya, jika negara ini pohon, maka UMKM adalah akarnya.

 

“Pohon boleh patah, tapi akar harus tetap kuat. Kalau akar kuat,  akan tumbuh lagi. Dan inilah yang dilakukan Jember, memberdayakan UMKM,” jelas Bupati Jember, Hendy Siswanto saat meninjau stan UMKM di Jember Bershalawat  (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan