‘Trial’ Pengaspalan Jalan Dimulai, Bupati Jember Segera Lunasi Janjinya

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Janji Bupati Jember, Jawa Timur, Hendy Siswanto dan wakilnya, KH Balya Firjaun Barlaman untuk memprioritaskan pembenahan infrastuktur jalan di awal kepemimpinannya, tampaknya bukan hanya isapan jempol. Hal ini terlihat dari trial (uji coba) pengaspalan dengan hotmix di Jalan Udang Windu, Kelurahan Manngli, Kecamatan Kaliwates, Jember, Senin (31/5).

 

Kegiatan ini merupakan hari kedua dalam trial pengaspalan jalan. Sebelumnya pekerjaan serupa sudah dilakukan di Jalan Tidar (depan markas Yonif Raider 509 Kostrad), Rabu dan seterusnya trial pengapalan jalan akan dilakukan di Jalan Teratai, dan Jalan  Pajajaran. Semuanya 4 titik lokasi.

 

Menurut Kepala DPU Bina Marga dan SDA Kabupaten Jember, Rahman Anda, trial tersebut merupakan bagaian dari syarat rekanan untuk bisa mengikuti lelang pengaspalan jalan di Jember yang totalnya mencapai 1080 kilometer. Seluruhnya dijawalkan tuntas tahun ini.

 

Ia menambahkan, total perusahaan AMP (asphalt mixing plant) yang akan ‘masuk’ Jember terkait dengan lelang pengaspalan jalan berjumlah 12. Rinciannya 5 perusahaan asli Jember, sisanya berasal dari luar Jember. Dari 12 perusahaan itu, hanya 7 rekanan yang siap menjalani trial.

 

“Jadi (perusahaan) AMP yang mau mengikuti pengamparan jalan (lelang) kita uji coba terhadap produk mereka,” ujarnya di lokasi pengaspalan jalan.

 

Dalam uji coba itu, masing-masing rekanan harus menyediakan 50 ton AMP. Rinciannya 25 ton jenis Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC), dan 25 ton  jenis aspal Asphalt Concrete – Binder Course  (AC-BC). Aspal senilai Rp180 juta itu, harus dihampar di sejumah titik yang telah ditentukan oleh DPU Bina Marga. Dan itu gratis.

 

“Tahap awal kita perlu mengetahui apakah aspal yang ada di AMP itu masuk dalam klasifikasi teknis yang dipersyaratkan. Kita akan lakukan uji laboratorium. Yaitu uji kaitan dengan kadar aspal, kemudian kepadatan, uji gradasi dan uji ketebalan. Jadi masing-masing AMP diminta untuk melakukan uji itu di laboratorium yang independen,” ulasnya.

 

Di tempat yang sama, Ketua Komisi C DPRD Jember, David Handoko Seto menyatakan bersyukur karena Bupati dan Wakil Bupati Jember melaksanakan salah satu janjinya saat kampnye, yaitu membenahi infrastruktur jalan.

 

“Masyarakat boleh bersenang hati bahwa jalan sepanjang 1080 kilometer akan diselesaikan tahun ini. Ini menunjukkan bahwa komitmen bupati dan wakilnya tidak bergeser sedikitpun,” jelasnya.

 

Ketua DPD Garda Pemuda Partai Nasdem Kabupaten Jember itu menegaskan, kegiatan ini adalah uji coba dari rekanan, dan sifatnya gratis. Kendati hanya uji coba, tapi ini menunjukkan bahwa tahapan pelaksanaan pengaspalan jalan di Kabupaten sudah dimulai.

 

“Kami (Komisi C) akan mengawal ini sampai tuntas agar menghasilkan kualitas yang baik,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan