Kapolres Jember Sebut Berita Hoaks Timbulkan Distorsi

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Kepolres Jember Jawa Timur AKBP Hery Purnomo menegaskan pihaknya memiliki chemistry dengan jajaran DPD Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kabupaten Jember dalam menyikapi maraknya berita hoaks. Menurut  AKBP Hery, berita hoaks kerap menimbulkan distorsi di tengah-tengah informasi masyarakat, sehingga perlu dilawan dengan berita yang benar.

 

“Yang kami inginkan adalah berita sesuai dengan fakta,” ujarnya saat beraudiensi dengan jajaran DPD SWI Kabupaten Jember di Mapolres Jember, Selasa (11/10/2022).

 

Menurut pria asal Magelang itu, berita hoaks yang dimunculkan terus menerus akan menjadi berita yang ‘benar’.  Lambat laun, opini masyarakat akan membenarkan isi berita yang salah tersebut. Sama halnya dengan pelanggaran lalu lintas, jika dibiarkan terus, dan tidak ada satupun yang menegor si pelanggar, lama-kelamaan akan dianggap benar, atau setidaknya diangap tidak ada masalah.

 

BACA JUGA :

Terima Audiensi DPD SWI Jember, Pimpinan BI Jember: Silakan Kerja Sama

 

“Karena itu harus ada yang meluruskan  berita tersebut, atau memberi tahu terkait pelanggaran itu,” urai AKBP Hery.

 

Dalam kesempatan itu, AKBP Hery juga menyinggung banyaknya organisasi radikal di Indonesia.  Katanya, pergerakan personel organisasi radikal harus terus dipantau dan diawasi bersama-sama. Sebab, jangan sampai kelihatannya daerah ini tenang dan aman, tapi tiba-tiba terjadi sesuatu terkait gerakan radikal.

 

“Kan kita kebakaran jenggot,” jelasnya.

 

Sebelumnya, Ketua DPD SWI Kabupaten Jember, Suyono HS mengatakan bahwa jurnalis yang tergabung dalam SWI Jember bertekad untuk menjadi wartawan yang profesioal. Profesional dalam arti berita yang disajikan adalah berdasarkan fakta, jauh dari hoaks. Katanya, penulisan berita hoaks tidak menggunakan rumus dan kode etik jurnalisme.

 

“Karena berita hoaks itu punya tujuan jahat, bukan ingin memberi informasi,” ucapnya.

 

Dalam kesempatan itu, Suyono HS juga memperkenalkan  DPD SWI dan sejumlah progam unggulannya. Selain Suyono, hadir juga sejumlah pengurus SWI Jember. Di antaranya Gangsar, Sutarna, Wakik, Aryudi AR, Suliadi, dan Ali Mahmudi (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan