Jalan Moh Yamin Diperbaiki, Warga Minta Pemkab Jember Atasi Biang Kerok Kerusakan Jalan

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Kerusakan jalan yang cukup parah di sepanjang Jalan Moh Yamin, Kelurahan Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, akhirnya diperbaiki. Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau langsung persiapan perbaikan jalan tersebut, Ahad (3/4/2022).

 

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy ikut memberi tanda dengan menyemprokan cat di baian-bagian jalan yang rusak atau berlubang. Menurutnya, ada beberapa hal yang membuat jalan yang melewati depan Pondok Pesantren Darussholah tersebut, rusak parah. Pertama, lalu lintas kendaraan yang mengangkut barang ke gudang di sekitar Jalan Moh Yamin dengan menggunakan truk ukuran besar. Setidaknya terdapat 5 gudang pabrik di sepanjang jalan Moh Yamin.

 

“Ini sudah ada rambu bagi kendaraan yang over load  tidak boleh lewat di sini. Ini jalan kelas tiga. Karena di sini memang ada pengiriman barang di beberapa titik gudang. Kita nanti akan beri peringatan agar kalau ngirim barang ke sini, pakai kendaraan kecil. Jangan pakai kendaraan besar, dan kita siapkan tempatnya (tempat bongkar muat)  di JSG dan Rambipuji,” urainya.

 

Kedua, di sisi Jalan Moh Yamin ada saluran air namun banyak yang tersumbat. Sudah begitu, di kanan kiri jalan berdiri perumahan yang begitu banyak, dan saluran airnya langsung diarahkan ke saluran tersebut.

 

“Kalau segitu banyaknya saluran (perumahan) masuk ke sini (saluran pinggir jalan), tentu tak kuat. Seharusnya perumahan menyiapkan sendiri saluran langsung ke sungai, bukan ke saluran di depannya. Ini yang paling penting,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Ketua RT 002/RW 17 Kelurahan Tegalbesar,  Imam Bukhari mengungkapkan bahwa masyarakat memang sangat berharap Jalan Moh Yamin segera diperbaiki. Sebab, jalan tersebut cukup lama dibiarkan rusak. Bahkan tak jarang, pengguna jalan mengalami kecelakaan.

 

“Saya kira ini jalan rusak terparah di kota. Kalau sudah lewat sini kita kayak naik perahu dengan ombak besar, dilempar-lempar, gitu.  Dan ini sudah sangat banyak menelan korban (kecelakaan),” jelasnya.

 

Ia berharap selain diperbaiki, yang juga penting adalah menghilangkan biang kerok rusaknya jalan. Salah satunya adalah truk besar yang melebihi tonase jalan. Sebab, meski jalan sudah kinclong tapi penyebab rusaknya jalan tidak diantisipasi, maka jalan yang kinclong itu  tidak akan berumur panjang.

 

“Karena di sini banyak gudang  dan perkantoran yang menggunakan truk-truk besar atau kontainer yang tonasenya melebihi kapasitas jalan, jadi tolong itu diatasi ke depannya,” pungkas pria yang juga Sekretaris Kantor Perputkaan Kabupaten Jember itu (Aryudi A Razaq).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan