J-Monalisa, Layanan Jemput Bola Dispendukcapil Jember

 

JATIMBERITA.COM | Jember – J-Monalisa. Ini tentu bukan nama lukisan kesohor karya pelukis Italia, Leonardo Da Vinci  abad ke-16 itu, melainkan nama program  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember. J-Monalisa adalah akronim dari Jember Mobil Pelayanan Keliling Sadar Adminduk.  Program yang diluncurkan awal Januari 2022 ini, merupakan layanan jemput bola untuk mengakomodasi warga yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK) dan sebagainya.

 

“Kami jemput bola, kami yang mendatangi warga,” ujar Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jember,  Isnaini Dwi Susanti kepada awak media ini di kantornya, Selasa (2/2/2022).

 

Pelayanan J-Monalisa menggunakan mobil keliling yang dilengkapi dengan perangkat canggih untuk keperluan  administrasi warga seperti pembuatan KTP-el baru (perekaman), revisi atau cetak ulang KTP-el yang hilang, pembuatan KK baru, revisi KK, pembuatan Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

 

“Apapun bisa kita layani di sini (J-Monalisa), yang penting syarat-syaratnya lengkap. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik bagi warga dengan program ini,” jelasnya.

 

Santi, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa J-Monalisa menjadi solusi di tengah kegiatan masyarakat yang semakin padat, karena  tidak harus datang Kantor Dispendukcapil Jember untuk mengurusi KTP, KK, dan sebagainya.

 

“(program) Ini memperpendek jarak dan waktu untuk pengurusan admindukcapil,” teangnya.

 

Mobil J-Monalisa dalam seminggu menyapa masyarakat sebanyak dua kali. Untuk sementara J-Monalisa hanya melayani warga di perkotaan,yang dipusatkan di kantor kelurahan. Yaitu setiap Sabtu dan Minggu.

 

“Kami sudah punya jadwalnya, lokasi dan sebagainya.  J-Monalisa juga hadir di setiap acara J-HUR (Jember Hadir untuk rakyat),” pungkas wanita berkacamata itu (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan