Kadis Kominfo Jember: Era Digital Perlu Diimbangi ‘Skill’ yang Mumpuni

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Era digital adalah sebuah keniscayaan zaman yang tidak bisa ditawar-tawar. Saat ini, apapun aktifitas masyarakat seolah tak bisa lepas dari perilaku digital, mulai dari transaksi jual-beli, pertemuan hingga kegiatan lainnya. Dan era digital cukup dinamis, selalu berkembang sesuai tuntutan zaman.  Buktinya, saat ini muncul revolusi industri 4.0. Yaitu transformasi yang komprehensif yang menyelimuti keseluruhan aspek produksi dari industri lewat peleburan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional.

 

“Era digital mengalami perubahan yang sangat cepat. Karena itu, masyarakat khususnya jurnalis dan aktivis media juga perlu mengimbanginya dengan skill yang mumpuni,” ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandi saat memberikan sambutan dalam Upgrading Jurnalistik di  aula PTPN X Kebon Kertosari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Kamis (25/8/2022).

 

BACA JUGA:

Diskominfo Jember Wujudkan Satu Data Terintegrasi melalui SPBE

 

Menurut Bobby, sapaan akrabnya, bagi jurnalis meningkatkan kemampuan menulis dan terus mengikuti perkembangan zaman adalah sebuah keharusan. Sebab, tanpa rajin mengikuti dinamika zaman dengan segala pernak-perniknya, maka jurnalis akan layu dengan sendirinya.

 

“Makanya, mengikuti perkembangan teknologi informasi dan terus update kemajuan zaman, itu penting bagi jurnalis,” tambahnya.

 

Selain itu, Bobby meminta agar substansi berita bisa sampai kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dicerna. Sebab, substansi itulah ruh dari sebuah pemberitaan.

 

“Istilah saya, jadilah pembaca  ketika anda menulis. Dengan begitu, nanti akan terasa substansinya  sampai kepada pembaca atau belum,” tambahnya.

 

Dalam kegiatan yang digelar oleh Forum Wartawan Lintas Media (FWLM)   itu, Bobby juga tak lupa menyosialisasikan J-KOPI atau Jember Kota Pintar. Yaitu  aplikasi sistem informasi pelayanan masyarakat secara online. J-KOPI terintegrasi ke seluruh organisasi perangkat daerah untuk mempermudah pelayanan masyarakat mulai dari urusan administrasi hingga informasi.

 

BACA JUGA:

Berita Hoaks Usik ‘Opening Ceremony Porprov’, Kadis Kominfo Jember: JSG Masih Longgar

Digital Entrepreneur, Bisnis dalam Genggaman

 

“Ini untuk memudahkan dan mempercepat layanan sehingga pelayanan masyarakat dari desa, kelurahan, dan kecamatan bisa dilaksanakan kapanpun dan di manapun, dan itu gratis. Silakan download dengan ketik kata pencarian Jember kota pintar di playstore,” urainya.

Sementara itu, Ketua FWLM Jember Ihya Ulumiddin mengatakan, kegiatan tersebut untuk menyegarkan kembali ilmu jurnalistik para anggota FWLM setelah sekian lama vakum akibat terjangan Covid-19.

 

“Kita akan terus  menggelar pelatihan-pelatihan maupun  kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Ke depan, kerja sama dengan mitra seperti ini akan terus dilakukan. Kami ucapkan terima kasih kepada PTPN X yang bersedia memfasilitasi acara kami,” ujarnya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan