Berita Hoaks Usik ‘Opening Ceremony Porprov’, Kadis Kominfo Jember: JSG Masih Longgar

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Ada-ada saja upaya pihak tertentu untuk mengacaukan jalannya Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022 yang akan berlangsung di Jember Sport Garden (JSG) Jember, Sabtu (25/6/2022) sore ini. Yaitu beredar pesan berantai yang isinya adalah Tribun JSG yang kapasitas kursinya 14.000 sudah terisi semua oleh tamu undangan pejabat se-Jawa Timur, bahkan luar Jawa, sehingga masyarakat Jember tidak kebagian kursi.

 

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Jember Bobby A. Sandy, pesan WhatsApp tersebut palsu alias hoaks.

 

“Intinya pesan itu ya JSG sudah full, sehingga masyarakat tidak kebagian tempat duduk. Kami menyayangkan informasi itu, sama sekali tidak benar, hoaks. Kami tegaskan JSG insyaallah masih longgar,” ucapnya kepada sejumlah awak media di kantornya, Sabtu (25/6/2022) siang.

 

Ia menambahkan, pesan itu merupakan perbuatan dari salah seorang oknum yang sengaja ingin menghalangi masyarakat agar tidak datang ke JSG untuk menyaksikan Opening Ceremony Porprov VII  Jatim 2022.

 

Dikatakannya, kapasitas JSG adalah sekitar 20 ribu orang. Memang, ada spot di belakang pentas yang tak bisa dipakai, sekitar 5 ribu kursi sehingga yang siap digunakan sekitar 15 ribu tempat duduk. Sedangkan jumlah talent, orang tua talent, hingga para tamu undangan diperkirakan hanya sekitar 6 ribu orang.

 

“Dengan begitu, masih ada sekitar 9 ribu tempat duduk yang bisa dimanfaatkan warga untuk menyaksikan perhelatan Pembukaan Porprov VII Jatim,” terangnya.

 

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi membludaknya penonton, panitia telah menyiapkan dua tv led berukuran cukup besar di luar stadion. Dengan demikian, warga bisa menikmati pertunjukan sembari berbelanja  berbagai jajajan UMKM di luar stadion.

 

Bobby berharap agar masyarakat tidak mudah termakan isu yang tidak jelas sumbernya alias hoaks. Katanya, tidak mungkin masyarakat, khususnya warga Jember tidak kebagian kursi untuk menyaksikan acara tersebut. Sebab, Porprov bukan hanya untuk atlet tapi juga pestanya rakyat Jember. Porprov juga didesain untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat. 850 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dilibatkan, bahkan hampir 100 pedagang asongan juga  diberi akses untuk berusaha mencari penghasilan di ajang Porprov VII Jatim.

 

“Karena memang, kita tidak hanya ingin sukses penyelenggaraan dan prestasi, tapi juga sukses di bidang ekonomi. Artinya, bagaimana Porprov ini bisa meningkatkan perekomian masyarakat,” pungkasnya.

 

Seperti  diketahui, Sabtu sore ini JSG akan menjadi tempat Opening Ceremony Porprov VII  Jatim 2022. Kegiatan yang akan dibuka oleh Gubernur Jatim Khofiah Indar Parawansa ini, cukup spektakluler. Selain diisi dengan parade atlet, juga ditampilkan band papan atas tanah air, Kotak. Setidaknya ada 10 hits yang akan disajikan oleh grup band asal Tengerang itu dengan vokalis utamanyaTantri. Selain itu, pesta kembang api juga akan menerangi langit JSG. Konon, pesta kembang api kali ini adalah yang terbesar dalam sejarah Porprov tanah air (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan