Diskominfo Jember Wujudkan Satu Data Terintegrasi melalui SPBE

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, akuntabel, dan meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah, dan sebagainya.

 

Dalam rangka menghasilkan layanan pemerintah yang terintegrasi sebagaimana  menjadi tujuan SPBE, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dis kominfo) Kabupaten  Jember menggelar rapat koordinasi yang dipimpin oleh Plt.Asisten 1 Sigit Akbari dengan Kepala Organisasi  Perangkat Daerah  (OPD) dan operator data terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Jember di aula timur Kantor Bupati  Jember, Jum’at ( 8/7/2022).

 

Kepala Diskominfo Kabupaten Jember, Bobby A Shandy dalam paparannya mengungkapkan kebijakan SPBE untuk tata kelola pemerintahan bukan  hanya menjadikan suatu kewajiban bagi pemerintah daerah. Namun sudah menjadi kebutuhan untuk mengola data menjadikan informasi dan knowledge sebagai dasar kebijakan pengambilan keputusan.

 

“Jadi ketika data  kurang pas akan menjadi informasi  dan pengetahuan yang kurang tepat sehingga menjadikan kebijakan yang kurang pas pula. Oleh karenanya untuk bisa mensukseskan SPBE ini kuncinya ada pada operator selalu update  dengan data yang benar,” ungkap Bobby.

 

Salah satu harapan kedepannya, Aplikasi layanan J-KOPi (Jember Kota Pintar) bisa menjadi platform yang berintegrasi dengan OPD  dan memberikan layanan kepada masyarakat sekaligus data yang  diperoleh akan diolah menjadi informasi untuk  kebijakan.

 

“Silahkan di-download  di play store dengan kata kunci ‘Jember kota pintar’. Pelayanan surat menyurat dari tingkat OPD hingga desa bisa dilaksanakan kapanpun di manapun gratis. Dari kades, camat dan lurah bisa melakukan tanda tangan  dan melayani masyarakat melalui TTE kapanpun,” imbuhnya.

 

Bobby juga menambahkan adanya sajian informasi tentang UMKM yang merupakan data dari Diskopum yang bisa langsung bertransaksi kepada penyedia di layanan J-KOPI.

 

“Para pelaku UMKM yang belum bergabung bisa bergabung melalui Diskopum” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan