Bupati Hendy: Linkrafin Menginspirasi Kita untuk Berkolaborasi Membangun Jember

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Pertunjukan seni bertaraf nasional oleh Lingkar Kreatif Independen (Linkrafin) Jember, Jumat (28/5) malam di aula PB Sudirman Kantor Bupati Jember, Jawa Timur, mampu menyihir para undangan. Aplaus kerap menggema sebagai bentuk apresiasi terhadap pertunjukan yang sepktakuler itu.

 

Acara yang bertitel Raya Nada Parade Karya Anak Daerah Jember Nusantara tersebut bukan hanya mendiskripsikan kekayaan seni dan budaya yang dimiliki Jember, tapi mengungkap kekayaan alamnya juga melimpah. Pertunjukan tarian rempah yang dibawakan secara apik oleh tim Linkrafin, cukup menggambarkan betapa Jember adalah daerah kaya. Kopi dan tembakau merupakan komoditas yang pernah menjadi andalan Jember. Bahkan dalam tarian itu, juga ada adegan putri-putri memetik buah kopi lalu diberikan kepada masyarakat (hadirin).

 

Tidak hanya soal kisah kekayaan alam Jember, tapi Linkrafin juga menampilkan lakon tari yang mengangkat tema Clash of Sadeng. Kerajaan Sadeng berpusat di Puger, dan memiliki wilayah kekuasaan di sekitar Jember dan Bondowoso. Sadeng pernah jaya, namun akhirnya ditumpas habis oleh Patih Gajah Mada.

 

Sedangkan yang menjadi pamungkas acara adalah pertunjukan tari sekaligus lagu Jember Nusantara. Yaitu lagu yang membawa Lingkrafin meraih dua jawara dalam Kompetisi Karya Musik Anak Komunitas yang digelar Kemenparekraf di Jakarta, Senin (24/5) malam.

 

Bupati Jember, Hendy Siswanto dalam sambutannya menyatakan bangga kepada Linkrafin sebagai produk asli Jember. Menurutnya, kesuksesan linkrafin tak lepas dari kolaborasi dengan banyak pihak, termasuk dengan JFC. Selain itu, kolaborasi dengan beragam pemusik dan jenis musik juga terjadi dalam penampilan Linkrafin.

 

“Ini (harusnya) menginspirasi kita untuk berkolaborasi membangun Jember, bahwa kegiatan apapun kalau kita hanya mementingkan satu kelompok, jangan berharap akan besar, tapi kegiatan apapun itu seperti pada malam hari ini, kalau kita mengedepankan kolaborasi dan bersinergi, insyallah apa yang kita harapkan tercapai. Insyaallah,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan