Limbah Kulit Buah Bit Menginspirasi  Mahasiswa UDS Jember  Membuat Masker Wajah

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Limbah, biasanya  terkesan kotor, tak berguna. Seandainya bergunapun, hanya untuk hal-hal yang tak penting. Tapi bagi Indra Wahyu Ismi Dwi Nofanda,  limbah kulit buah bit bisa dimanfaatkan untuk bahan baku gel peel off, dan hasilnya cukup membanggakan.

 

Indra, sapaan akrabnya, tinggal di Desa Karangjati, Pandaan, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.  Di Pandaan, buah bit cukup melimpah. Mencari buah bit, cukup gampang,  baik di pasar maupun di tengah-tengah masyarakat.  Di tempat-tempat tertentu, kulit buah bit menumpuk, menjadi limbah yang tak sedap dipandang mata.  

 

Namun limbah itu justru menjadi inspirasi bagi Indra untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku masker wajah.  Iapun berkonsultasi dengan dosennya di Fakultas Farmasi Universitas  Dr. Soebandi (UDS), Lindawati Setyaningrum, M. Farm terkait dengan kemungkinan potensi ‘obat’ yang terkandung dalam kulit buiah bit.

 

“Bagi saya setidaknya ada dua kegunaan dalam memanfaatkan kulit buah bit. Pertama, bermanfaat untuk kesehatan wajah, kedua bisa mengurangi menumpuknya limbah kulit buah bit,” ujarnya di Kampus UDS Jember, Sabtu (11/9/2021).

 

Sebagai mahasiswa Fakultas Farmasi UDS, Indra mempunyai  feeling yang kuat terkait kegunaan kulit buah bit bagi kesehatan wajah.  Sang dosen pun memberi lampu hijau untuk memanfaatkan limbah kulit buah bit di bidang kesehatan. Yakin dengan kegunaan kulit buah bit, Indra mengadakan penelitian yang hasilnya akan diikut-sertakan  dalam  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kesehatan yang diselenggarakan oleh  Kementeian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI.

 

Tentu indra tidak sendiri, tapi mengajak  dua rekannya dari fakultas yang sama guna membentuk sebuah tim dalam menyusun prosopsal dan sebagainya untuk mengikuti PKM. Keduanya  adalah  Ida Ayu Fradnya dan Iqbal Gifar Maulana. Ketiganya bahu-membahu bekerja sehingga akhirnya proposal yang diajukan berjudul Masker Peel Off dari Limbah Alam Kulit Buah Bit Sebagai Produk Skincare yang Ekonomis itu diterima dan lolos sebagai peserta PKM.

 

“Kami mulai bulan Juni (2021) bekerja untuk membuat masker sebagaimana dalam proposal kami, dan harus selesai selama 5 bulan,” tambah Indra.

 

Indra mengaku tak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu, apalagi PKM sudah memberikan fasilitas untuk menuangkan gagasannya dalam bentuk karya nyata. Indra dan kedua rekannya pun akhirnya membayar lunas ‘janji’ yang dicantumkan dalam proposal, dengan membuat masker wajah gel peel off dengan nama Clean Beaubit.

 

Pria kelahiran Pasuruan 6 November 1999 itu menjelaskan, buah bit mengandung berbagai mineral, vitamin dan betalain sebagai antioksidan, sehingga produknya (Clean Beaubit) akan memberikan efek anti aging. Dijelaskannya, masker wajah peel off merupakan salah satu jenis masker yang mempunyai keunggulan dalam penggunaannya, yaitu dapat dilepas dengan  mudah.

 

“Kosmetik wajah dalam bentuk masker peel off bermanfaat dapat merelaksasikan otot-otot wajah sebagai pembersih, penyegar, pelembab dan pelembut kulit wajah,” pungkasnya (AAR).  

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan