Sinergi Empat Instansi Berkomitmen Beri Pendampingan UMKM

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember tak perlu pesimis menghadapi persaingan pasar yang semakin menjurus digital. Pasalnya, ke depan mereka akan mendapat pendampingan yang intens agar semakin eksis dalam mengembangkan usahanya.

 

Kesepahaman untuk memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM itu diwujudkan dengan penandatanganan kerja sama oleh Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Hestu Wibowo, Direktur Politeknik Negeri Jember Saiful Anwar, dan Kepala BNI Cabang Jember di aula Serbaguna Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Sabtu (28/08/2021).

 

Program pendampingan hasil kerja sama empat instansi tersebut meliputi teknik pemasaran, memberikan nilai pada produk, pemanfaatan media digital, sistem pembayaran secara digital dengan QRIS dan sebagainya. BI juga menyiapkan pasar domestik maupun mancanegara untuk memperkenalkan produk UMKM.

 

Bupati Jember Hendy Siswanto menyatakan bahwa UMKM sebagai penopang utama perekonomian Indonesia, sudah seharusnya diberi pendampingan agar ke depan lebih maju dan berdaya saing.  Ia berharap agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan program tersebut secara sungguh-sungguh.

 

“Ini keren, program sangat bagus, sarana dan prasaranya sudah disediakan melalui program ini, tinggal bagaimana temen-temen pelaku UMKM memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal,” ungkap Bupati Hendy usai penandatanan kerja sama.

 

Adapun tahapan pengembangan dimulai dari onboarding UMKM, peningkatan produksi, business matching, memfasilitasi sertifikasi hingga pengenalan produk.

 

Rangkaian acara Geber UMKM yang diinisiasi oleh BI tersebut diisi dengan bincang bisnis, webinar, talkshow, business coaching, pameran secara virtual, beli produk UMKM, dan virtual business matching (AAR).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan