UIN KHAS Jember Bangun Jembatan Ikonik, Garap Wisata Syariah

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq (KHAS) Jember Jawa Timur terus bersolek. Selain menambah gedung-gedung baru, juga sarana prasarana jalan semakin dipermak. Kali ini UIN KHAS Jember  membangun jembatan. Namanya jembatan KHAS. Tentu saja nama ini merujuk pada nama perguruan tinggi Islam tersebut sekaligus  sebagai penghormatan kepada sosok almarhum Kiai Haji Achmad Siddiq, yang disingkat KHAS.

 

“Ini juga sebagai penghormatan untuk beliau,” ujar Rektor UIN KHAS Jember, Babun Suharto di sela-sela peresmian jembatan tersebut, Jumat (21/1/2022).

 

Bukan sekadar jembatan,  tapi jembatan ikonik. Di tengah-tengah jembatan terdapat gapura berwarna hijau yang berbentuk kurva terbalik, dan di ujungnya terpasang logo UIN KHAS Jember. Babun berharap agar jembatan KHAS tidak hanya berfungsi sebagai penyambung jalan, tapi juga menjadi destinasi wisata yang punya nilai khas. Kekhasannya adalah sejarah, baik yang terkait dengan UIN KHAS maupun sosok Kiai Haji Achmad Siddiq.

 

“Kami memberi nama wisata syariah,” jelasnya.

 

Tidak hanya jembatan, tapi di sekitar jembatan akan dilengkapi dengan fasilitas lain untuk menunjang pesona wisata tersebut. Di sungai kecil bawah jembatan itu akan dibangun sarana wisata air.

 

“Nanti di bawah jembatan ini (sungai) akan kita bendung, plengsengannya kita perindah, dan  di atasnya bisa kita jadikan taman rekreasi bagi mahasiswa dan  masyarakat sekitar,” urainya.

 

Kampus UIN KHAS Jember menempati lahan yang dibelah sungai kecil. Awalnya UIN KHAS Jember menempati lahan di sebelah utara sungai. Namun dalam perkembangannya, lahan UIN KHAS Jember merambah ke selatan sungai. Jembatan pun dibangun. Lahan yang awalnya berupa semak belukar dan bukit-bukit kecil itu,  akhirnya dipermak jadi kampus hijau yang menyejukkan. Di situ juga dibangun perpustakaan, asrama mahasiswa, masjid, gedung fakultas baru dan stadion.

 

Seiring dengan perkembangan UIN KHAS, kini dibangun lagi jembatan. Ya jembatan baru itu. Jembatan yang dibiayai oleh swadaya masyarakat itu dominasi warna hijau dan putih, semakin menambah eksotiknya kampus UIN KHAS Jember sebagai kampus hijau.

 

“Mohon doa dan dukungannya untuk semuanya, semoga cepat terlaksana,” (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan