Siaga Bencana ‘Trade Merk’ Gerakan Sosial Partai NasDem

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Partai NasDem tidak melulu mengurusi politik tapi juga menaruh perhatian besar terhadap persoalan sosial, khusunya terkait bencana. Tak heran jika setiap terjadi bencana, anggota Partai NasDem hadir memberikan pertolongan.

 

Untuk memantapkan peran tersebut, Dewan Pimpinan Wilayah Garda Pemuda NasDem Jawa Timur menggelar Diklatsar dan Apel Siaga Kesiapsiagaan Bencana di kawasan wisata Rembangan, Jember.  Acara yang digelar dua hari (27-28/10/2021) itu melibatkan sekitar 100 kader partai yang merupakan perwakilan 38 kabupaten/ kota se Jawa Timur.

 

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat Garda Pemuda NasDem, Chepy Aprianto mengatakan, Diklatsar bertujuan untuk membekali peserta terkait penanganan kebencanaan, sehingga mereka selalu siap kapanpun dibutuhkan oleh masyarakat.

 

“Garda Pemuda NasDem selalu hadir ditengah masyarakat untuk siap siaga menanggulangi bencana. Dan kami sangat fokus di bidang kebencanaan, sehingga ini kelak menjadi ciri khas kami. Inilah yang membedakan  Partai NasDem dengan partai-partai politik lainnya.” urainya.

 

Ia menambahkan bahwa jumlah peserta Diklatsar memang dibatasi lantaran di Jember masih diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun jika kondisi sudah normal dan pemerintah mulai melonggarkan kegiatan, maka jumlah peserta Diklatsar akan ditingkatkan.

 

“Kami menargetkan semakin banyak kader yang siap siaga bencana. Misalkan di Provinsi Jawa Timur saja, minimal nanti ada 5.000 kader yang terlatih dengan kemampuan khusus. Sehingga, sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dikerahkan,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua DPD Garda Pemuda NasDem Jember, David Handoko Seto menyebut, peserta mendapat beragam materi pengetahuan dan pelatihan kemampuan cara menangani bencana.

 

“Kami menghadirkan pemateri dari Palang Merah Indonesia, Basarnas, Sar Dog, dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” paparnya.

 

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, peserta Diklatsar dibagi ke dalam 3 kelas berbeda. Mereka menerima materi pengetahuan di dalam gedung, sedangkan pelatihan penanganan kebencanaan digelar di luar ruangan.

 

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jember, H Marsuki Abdul Gofur memberikan apresiasi atas terlakasananya kegiatan tersebut. Menurutnya, Diklatsar dengan jumlah peserta yang cukup banyak  tersebut,  menahbiskan Partai NasDem  sebagai partai yang sangat serius mengambil peran dalam penanangan kebencanaan.

 

“Makanya saat ada bencana apapun, khususnya di Jember , kru NasDem selalu hadir memberikan  pertolongan,” jelasnya.

 

Selan dihadiri H Marsuki, kegiatan Diklatsar juga dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Deni Prasetya, Wakil Ketua DPRD Jember Dedi Dwi Setiawan, dan anggota DPRD Kota Malang Gagah Soeryo Pamoekti.

 

Kegiatan Diklatsar dipungkasi dengan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).  (AAR).

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan