Program Filantropi UPZIS-NU Care Wonojati, Satu Anak Yatim Satu Kambing

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Aksi filantropi yang dilakukan Unit Pengelola Zakat Infaq Sedekah (UPZIS) NU Care  Ranting Wonojati, Kecamatan Jenggawah, layak diacungi  jempol. Pasalnya, UPZIS yang satu ini membantu kaum dhuafa dengan cara pemberdayaan. Istilahnya, memberi kail, bukan ikan.  Yakni  memberikan kambing, bukan untuk disembelih tapi untuk dikembangkan agar beranak-pinak, sehingga anaknya bisa dijual.

 

Menurut Ketua UPZIS-NU Care Ranting Wonojati, Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, Bahrul Ruwiyanto,  cara tersebut lebih efektif dan lebih gampang  untuk memberikan hasil, karena tidak memerlukan pemikiran kecuali hanya memberi makan kambing.

 

“Kami kira ini lebih gampang untuk mendapatkan hasil,” ujarnya di sela-sela peyerahan seekor kambing kepada Arin, seorang anak yatim di Dusun Bringin Lawang, Desa Wonojati,Jjenggwah, Sabtu (25/12/2021).

 

Sebelumnya, UPZIS-NU Care Ranting Wonojati juga telah memberikan dua ekor kambing kepada Fatim dan Ijay. Keduanya adalah yatim yang  sangat membutuhkan bantuan. Ustadz Bahrul menambahkan, penyerahan kambing tersebut adalah realisasi dari program yang dicanangkan UPZIS-NU Care Ranting Wonojati, yaitu Satu Anak Yatim Satu Kambing.

 

“Anak-anak yatim yang  kami data di Desa Wonojati terdapat  32 anak . Mereka akan kami upayakan untuk mendapatkan kambing secara bertahap,” urainya.

 

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Cabang LAZISNU Jember, Achmad Fathur Rosyid  memberikan apresiasi kepada UPZIS-NU Care Ranting Wonojati. Menurutnya, program tersebut cukup baik,  dan diharapkan menginspirasi UPZIS lain untuk melakukan hal yang sama.

 

“Intinya adalah pemberdayaan,  meskpin bentuknya mungkin beda,” jelasnya.

 

Ia berharap agar penerima kambing juga bisa menyesuaikan diri dengan  misi  UPZIS-NU Care Ranting Wonojati terkait bantuan tesebut. Yakni pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa.

 

“Harapan kita agar kambing-kambing itu diternakkan, dan hasilnya bisa dijual,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan