Pesawat Seharga Fortuner, Pemkab Jember Ancang-ancang Membelinya

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Keinginan Bupati Jember, Hendy Siswanto untuk membeli pesawat bermotor seperti yang beraksi di Lapter Notohadinegoro dalam acara bertitel Fly Pass Tim Garuda Terbang, Ahad (30/5) pagi, bisa menjadi kenyataan.  Keinginan itu ia ungkapkan usai mengikuti joy flight dengan pesawat fixed wing type Aquila dalam acara tersebut.

 

Menurutnya, Pemkab Jember cukup membutuhkan pesawat bermotor untuk kebutuhan evakuasi korban bencana. Sebab, Jember termasuk daerah rawan bencana. Sehingga jika memiliki pesawat bermotor, bisa menunjang kinerja Pemkab Jember dalam menangani bencana, khususnya terkait evakuasi korban.

 

“Kalau kita ada duit, baru kita beli satu atau dua pesawat. Sedangkan untuk bandara, kita punya sendiri,” jelasnya kepada puluhan awak media usai turun dri pesawat mengkuti joy flight.

 

Menurut penerbang Mayor Praseyo Sudiwicaksono, saat ini pesawat bukan lagi barang mewah. Banyak orang yang memiliki pesawat bermotor. Bahkan semua pesawat yang ikut acara Fly Pass Tim Garuda Terbang, merupakan pesawat pribadi. Harganya tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp500 juta hingga Rp1,5 Miliar.

 

“Harga segitu ‘kan sama dengan (mobil) Fortuner. Jadi tidak mahal,” ujarnya.

 

Selain tidak mahal, biaya operasionalnya juga tidak berat. Apalagi Jember sudah punya bandara sendiri untuk kebutuhan parkir dan sebagainya. Bahan bakarnya adalah pertamax, dengan kapasitas tangki 165 liter. Irit juga.

 

“Saya dari Malang (ke Jember), hanya habis 60 liter,” jelas tentara asli Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember itu.

 

Pria yang pernah bertugas di Lebanon untuk bergabung dengan pasukan keamanan PBB itu mengaku senang jika Lapter Notohadinegoro ‘dihidupkan’ kembali. Pasalnya, dialah yang dulu pertama kali mendaratkan pesawatnya di Lapter tersebut.

 

“Kalau tidak keliru itu tahun 2014, saya baru datang dari Lebanon. Saya ditugaskan oleh pimpinan untuk membawa pesawat ke Jember untuk pertama kalinya,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan