Permudah Warga Cetak KTP, Pemkab Jember Pasang ADM di Mall

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember terus berusaha meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, khususnya terkait pengurusan administrasi kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil). Salah satunya adalah memasang mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri). Sesuai dengan namanya,  mesin ini cara kerjanya mirip dengan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Yaitu, warga bisa mencetak dokumen sendiri dengan syarat tertentu.

 

“Untuk mempermudah, dan mempercepat bagi warga yang membutuhkan pelayanan Dukcapil,” ucap Bupati Jember, Hendy Siswanto di sela-sela peluncuran mesin ADM di Trasmart, Jember, Sabtu (29/5).

 

Bupati mengakui saat ini masih banyak warga yang kesulitan mendapatkan pelayanan Dukcapil. Sebab, selain letak mereka cukup jauh dari kota, juga fasilitas jalan di daerah tersebut masih memprihatinkan. Oleh karena itu, Hendy menegaskan untuk segera memperbaiki jalan yang rusak. Tujuannya untuk menunjang mobilitas masyarakat dalam berusaha, termasuk mengurusi administrasi  Dukcapil.

 

“Insyaallah tahun ini, kami perbaiki jalan yang rusak, dan kami pasang 6.500 titik PJU (Penerangan Jalan Umum),” jelasnya.

 

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jember, Isnaini Dwi Susanti menegaskan, pihaknya menempatkan mesin ADM yangmerupakan satu-satunya di Jember itu di Transmart adalah untuk lebih mendekatkan warga kepada layanan Dukcapil secara mandiri. Sebab, mall seperti Transmart menjadi jujugan banyak orang untuk belanja, dan tidak ada hari libur. Sehingga kapanpun warga bisa mencetak dokumen Dukcapil saat membutuhkan.

 

“Jadi sekalian belanja atau makan-makan sambil mencetak dokumen Dukcapil yang dibutuhkan seperti KPT, KK dan sebagainya,” ungkap Santi, sapaan akrabnya.

 

Ia mengimbau kepada warga untuk datang ke mesin ADM jika membutuhkan cetakan dokumen Dukcapil, tanpa dipungut biaya. Katanya, di lokasi ADM ditempatkan petugas dari kantor Dinas Dukcapil untuk membantu melayani warga.

 

“Sifatnya petugas hanya membantu kelancaran warga yang ingin mencetak dokumen secara mandiri,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan