Pemkab Jember akan Ambil Alih Pengelolaan Pesisir untuk Tingkatkan PAD

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto akan mengelola pesisir pantai guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurut Hendy, pihaknya telah membentuk tim inventarisasi tanah pesisir yang terdiri dari Asisten Pemkab Jember, wakil BPN Jember, Dandim, Kajari, Kapolres, Kabag Hukum, Kabag Tapem, dan Kadin (Kamar Dagang dan Industri), Dinas Kelautan dan Perikanan, dan para camat di daerah pesisir.

 

“Pemkab Jember akan menginventarisasi seluruh wilayah pesisir untuk diambil hak kelolanya. 100 meter dari bibir pantai itu milik pemerintah daerah. Untuk apa, untuk kami kelola menjadi wisata bahari, pabrik, dan lainnya atas nama Pemkab Jember. Bukan (atas nama) perseorangan,” jelasnya saat melakukan audensi dengan manajemen perusahan startup Fish On di Pendopo Wahyawibawagraha, Senin (16/08/2021).

 

Dengan pengelolaan pesisir oleh pihak Pemkab Jember, maka diharapkan dapat meningkatkan PAD kota suwar-suwir ini. Dikatakan Hendy, potensi sektor kelautan luar biasa, sehingga perlu dikelola dengan sungguh-sungguh.

 

“PAD disalurkan kembali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi angka kemiskinan,” lanjutnya.

 

Oleh karena itu, tanah pesisir perlu diinventarisasi agar bisa dikelola oleh Pemkab Jember. Dengan demikian, akan mudah untuk mengembangkan potensi kelautan, membangun dermaga, membuat sentra budidaya ikan, wisata bahari dan sebagainya demi kemakmuran masyarakat Jember.

 

“Setelah kami inventarisasi, baru kami kelola sendiri, dan juga kerjasama dengan pihak ketiga. Hasil laut akan kami produksi menjadi barang jadi, hasil laut juga akan kami bawa ke kota agar masyarakat kota Jember juga bisa menikmati ikan segar, semuanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember,” ungkapnya (AAR).

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan