H Marsuki dan Kenangan Erupsi Semeru yang Mencekam

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Meskipun hunjaman erupsi gunung  Semeru sudah berlalu lebih dua pekan, dan saat ini  gunung tertingi di Pulau  Jawa itu kadang masih berisik, mengeluarkan isinya dalam skala kecil, namun  pemerintah dan masyarakat begitu sigap menangani dampak  amukan gunung  tersebut.

 

Salah seorang yang  punya perhatian besar terhadap  dampak erupsi gunung Semeru adalah H Marsuki  Abd. Gofur. Ketua DPD Partai NasDem  Jember ini,  begitu mendengar kabar Semeru meletus, Sabtu (4/12/2021) sore, petang harinya ia meluncur ke Lumajang, merapat ke Kantor DPD Partai NasDem  setempat untuk mengoordinasikan bantuan.

 

“Berangkat habis isyak, pulang dini hari sampai di rumah Subuh. Kami bertemu dengan pengurus NasDem Lumajang untuk mengkoordinasikan bantuan bagi korban erupsi,” ucap H Marsuki, sapaan akrabnya, di kediamannya, Kamis (16/12/2021) sore.

 

Rasa penat menggelayuti tubuh H Marsuki. Tapi tugasnya belum selesai. Pikirannya terus menerawang  ke gunung Semeru, terbayang jeritan korban dan rumah-rumah yang luluh lantak akibat semburan abu vulkanik gunung yang berbatasan dengan Malang itu. Kantuk yang coba menyerang dilawannya sebisa mungkin. Namun akhirnya ia bisa istirahat di pagi itu. Tidak lama. Sebab dua jam kemudian, H Marsuki harus berangkat lagi ke Lumajang untuk melanjutkan koordinasi adanya bantuan, baik yang datang dari DPD Partai NasDem  Jember, Lumajang maupun DPW Partai NasDem  Jawa Timur.

 

“Kami mapping  di Kantor NasDem Lumajang, memetakan kebutuhan-kebutuhan mendesak pengungsi. Alhamdulillah, bantuan (dari NasDem) cepat datang dan terdistribusikan dengan cepat, bahkan  Bunda Jenet (Sri Sajekti Sudjunadi, Ketua DPW Partai NasDem  Jawa Timur), turun langsung untuk mengawal bantuan,” jelasnya.

 

Di hari-hari berikutnya,  H Marsuki juga tak tinggal diam. Pengusaha tebu itu masih kerap mendatangi korban erupsi  Semeru untuk memberikan bantuan dan mengawal kader Partai NasDem  yang membantu evakuasi. Ia menerabas hamparan lumpur  dan dari jauh menyaksikan rumah-rumah yang tertimbun lava hingga mencapai atap. Sementara di sisi lain, ada mayat bergelimpangan dan korban luka yang mengerikan juga bertebaran.

 

Menurut H Marsuki, dirinya sering mendatangi lokasi bencana untuk memberikan bantuan, tapi bencana erupsi gunung Semeru kali ini sungguh memilukan. 

 

“Kondisinya sungguh mencekam, dan syukurlah saat ini kondisinya sudah berangsur-angsur membaik. Tapi Semeru masih terus mengeluarkan  isinya, bahkan hari ini (Kamis) cukup besar. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini,” terangnya.

 

Tanpa mengurangi peran ratusan relawan lain yang juga berjibaku, bahkan bertaruh nyawa untuk menangani dan mengatasi derita  korban erupsi Semeru,  namun perhatian  H Marsuki  untuk membantu korban, layak diapresiasi.

 

“Ini masalah kemanusiaan, kita harus segera bertindak, bersatu dan bersinergi dengan siapapun untuk mengatasi dampak erupsi. Dan alhamdulillah, Partai NasDem bisa memberi bantuan logistik, bantuan evakuasi, dan telur ayam 1 ton,” pungkasnya (Aryudi Abdul Razaq).

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan