Pemkab Jember Kendalikan Dampak Inflasi dengan Operasi Pasar

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Pemerintah Kabupaten Jember kembali melakukan operasi pasar, Selasa (6/12/2022).  Pasar Tanjung dan pasar Kreongan menjadi tempat operasi pasar kali ini. Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan ESDM Kabupaten Jember, Bambang Saputro, operasi pasar akan dilakukan tiga kali dalam seminggu selama bulan Desember, yakni setiap Senin, Selasa dan Sabtu dimulai pukul 07.00 WIB – 09.00 WIB.  Harapannya agar dampak inflasi bisa dikendalikan.

 

“Ini untuk menekan inflasi,” ucap Bambang kepada para wartawan saat meninjau operasi pasar di pasar Kreongan Jember.

 

Bambang menambahkan, menjelang Natal dan tahun baru, biasanya harga bahan-bahan pokok cenderung naik. Oleh karena itu, operasi pasar yang menyediakan sejumlah bahan pokok dengan harga murah (di bawah harga umum), diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Dengan begitu, daya beli masyarakat tetap terjaga, dan inflasi bisa dikendalikan.

 

“Harga murah untuk bahan pokok penting kita jual di operasi pasar,” jelas Bambang.

 

Dalam pantauan media ini, begitu operasi pasar dibuka, pengunjung  langsung menyerbu stan

 

Dalam operasi pasar ini, Pemkab Jember mendapat dukungan dari Bank Indonesia, Bulog, PT Rajawali Nusindo, PG Semboro, dan CV Berkah. Ke depan, Bambang berencana untuk menggandeng labih banyak lagi distributor atau perusahaan yang selama ini banyak menyuplai kebutuhan pokok di masyarakat.

 

“Kami membawa produk-produk bahan pokok, di antaranya adalah beras medium, gula, minyak goreng. Minyak goreng ini ada yang premium, bentuknya kemasan, dan ada juga yang curah. Ini sangat murah sekali, dijual oleh Bulog dengan harga 12,500 perliter, telor dijual oleh CV Berkah dengan harga Rp27.000 perkilogram,” urainya.

 

Bambang mengimbau agar masyarakat memanfaatkan operasi pasar dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Diakuinya, memang bahan-bahan pokok yang tersedia tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan semua masyarakat karena persediaannya juga terbaas. Namun paling tidak, operasi pasar bisa memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan