Desa Sidomulyo Jember Sabet Juara 1 Desa Gotong Royong

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember kembali meraih penghargaan tingkat provinsi, yakni juara 1 Lomba Desa Gotong Royong se-Jawa Timur.

 

Sebelumnya, bulan Agustus 2022, desa yang terletak di kaki Gunung Gumitir itu menyabet juara 1 Lomba Video Kreatif Jawa Timur

 

Penobatan sekaligus penyerahan penghargaan untuk Kepala Desa Sidomulyo, Kamiludin dilakukan dalam acara puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIX Jatim dan Kesatuan Gerak PKK ke 50 Provinsi Jatim di GOR PKPSO Kaliwates, Senin, (28/11/2022).

 

BACA JUGA :

Membanggakan, ‘The Beauty of Sidomulyo Village’ Sabet Juara 1 Lomba Video Kreatif Jawa Timur

 

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Soekaryo, lomba tersebut digelar dengan kategori desa dan kota dalam menyambut Bulan Bakti Gotong Royong tahun 2022. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam kegiatan gotong royong menuju Jatim sejahtera.

 

“Lomba tersebut dengan maksud sebagai upaya pelestarian kebiasaan mulia dalam masyarakat di mana saling terbuka, menolong, dan membantu, yang diarahkan pada penguatan persatuan. Dan sebagai wujud partisipasi dalam pembangunan,” ucap Soekaryo.

 

Berdasarkan SK Gubernur Jawa Timur no.118/639 kpts/013/2022 tentang pelaksanaan Gotong Royong, ada 4 kategori desa dan 4 kategori kelurahan terbaik.

 

Kategori desa, Juara pertama diraih Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, juara kedua Desa Tembalang Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, juara ketiga Desa Jatirejo Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, dan juara ke 4 Desa Kepel Kecamatan Pare Kabupaten Madiun.

 

Kategori Kelurahan, juara pertama Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, juara kedua Kelurahan Karangpilang Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya, juara ketiga Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Kanigoro Kota Blitar, juara keempat Kelurahan Tunjung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.

 

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengapresiasi diselenggarakannya puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Kesatuan Gerak PKK yang dipusatkan di Jember.

 

“Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat esensinya adalah semangat menyejahterakan masyarakat terutama di desa,” ucap Bupati Hendy saat memberikan sambutan.

 

Bupati Hendy menuturkan, Kabupaten Jember memiliki 226 desa. Katanya, gotong royong antar masyarakat desa dan saling meningkatkan kemampuan, perlu terus dilakukan agar memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

“Bukan hanya mengejar predikat terbaik, tapi manfaatnya bisa dirasakan masyarakat,” jelasnya.

 

Dalam sesi jumpa pers, Bupati Hendy berharap agar predikat juara yang diraih Desa Sidomulyo dapat menjadi pemicu bagi desa-desa lain untuk menjadi yang terbaik.

 

 “Ini harus menjadi motivasi bagi desa-desa yang lain di Jember. Kalau Desa Sidomulyo bisa meraih juara, kenapa desa lain tidak?” pungkasnya (tang/(Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan