Karir Bisa Pensiun tapi Pengabdian Jalan Terus

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) akan berakhir ketika tiba saatnya pensiun. Tapi pengabdian bisa jalan terus. Sebab pengabdian kepada masyarakat tak terkekang oleh waktu dan jabatan.

 

“Masa purna tugas (pensiun) itu artinya karir pekerjaan yang berakhir tetapi pengabdian tidak. Saudara masih bisa melanjutkan pengabdian itu di sekitar tempat tinggal. Minimal di dalam rumah tangga,” ucap Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto saat memberikan sambutan dalam acara Silaturahmi dan Penyerahan SK Pensiunan 111 PNS di lingkungan Pemkab Jember di Pendopo Wahyawibawagraha, Senin, (28/11/2022).

 

Menurut Bupati Hendy, menjadi seorang ASN esensinya adalah mengabdi dalam karir. Bentuk pengabdian ASN yaitu melayani masyarakat yang merupakan tugas utamanya. Karena itu, semboyan ASN adalah abdi negara.

 

Setelah tugasnya berakhir dan tidak lagi menjadi PNS, pensiunan tetap bisa mengamalkan ilmu dan pengalamannya di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, tidak ada istilah menganggur. Banyak hal yang bisa dikerjakan.

 

“Kami mengajak saudara yang menerima SK pensiunan untuk ikut membantu kami. Dengan cara apa? Banyak!” jelas Bupati Hendy.

 

Ia mengungkapkan, cukup banyak persoalan masyarakat yang membutuhkan uluran tangan pensiunan. Di antaranya adalah persoalan stunting, menurunkan angka AKI AKB, membantu UMKM hingga membantu kegiatan sosial yang dikoordinir oleh Dinas Sosial.

 

“Itu semua bisa dimulai dari keluarga sendiri,” katanya.

 

Pensiunan juga bisa terlibat dalam kegiatan karang taruna di desa atau menjadi pembina di desa-desa wisata. Bila komunitas membutuhkan informasi tentang perijinan, pensiunan tentu punya chanel (hubungan) dengan birokrat di Pemkab Jember. Dan, banyak hal positif yang bisa dilakukan di masa purna tugas.

 

“Pikiran dan kegiatan positif bagi para pensiunan akan memperpanjang usia dan terhindar dari penyakit akibat Post Power Syndrome ,” pungkasnya (tang/Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan