Bupati Jember: Sampai Kiamat Saya Tak Bisa Kerja Sendirian

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Pernyataan tulus muncul dari lisan Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto. Ia mengakui dirinya tidak ada apa-apanya tanpa bantuan dan kerja sama dengan orang lain dalam menjalankan amanahnya sebagai seorang bupati.

 

“Tidak mungkin bupati kerja sendiri. Sampai kiamatpun saya tidak bisa bekerja sendirian. Kami butuh bantuan bapak-ibu para kades,” ujar Bupati Hendy saat memberikan pengarahan kepada para kepala desa (kades) yang mengikuti Kursus Kepimimpinan Peningkatan Kapasitas SDM bagi Kades Angkatan I tahun 2022 di aula Secaba Jember, Sabtu (26/11/2022).

 

BACA JUGA :

Lantik Kades PAW, Bupati Jember Minta Perhatikan Dua Hal

Bupati Jember Sebut Lurah dan Kades Berperan Kendalikan Inflasi

 

Ungkapan tawadlu’ dari Bupati Hendy disampaikan terkait dengan keberhasilannya mengendalikan inflasi ketika harga bahan bakar minyak (BBM) naik. Menurutnya, usahanya memulihkan ekonomi setelah Covid-19 melandai sampai akhirnya ekonomi guncang karena kenaikan harga BBM, dan pada saat yang sama inflasi di Jember terkendali, tak lepas dari bantuan para kades se-Jember.

 

“Pasca-Covid-19 para kades bergerak ikut memulihkan ekonomi,” jelasnya.

 

Bupati Hendy becerita, dirinya menjadi Bupati Jember ketika Covid-19 tengah gencar-gencarnya menghantam Indonesia, termasuk Jember. Yang ada dalam pikiran, katanya, bukan hanya usaha untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,  tapi juga terkait dengan kepul asap dapur warganya.

 

“Begitu Covid-19 melandai April 2021, kami menggelar pasar rakyat di Alun-alaun. Saya sudah pasrah mau dikasih sanksi apa oleh pemerintah karena pasar rakyat itu melibatkan banyak massa sehingga sulit menerapkan protokol kesehatan.  Saya tak ingin warga saya kelaparan,” urainya.

 

Dari situ akhirnya Covid-19 terus melandai, dan roda ekonomi pelan-pelan bergerak. Namun tiba-tiba harga BBM naik, yang diikuti oleh kenaikan harga sejumlah bahan pokok. Tapi Bupati Hendy tak menyerah. Usaha demi usaha dilakukan, di antaranya dengan menggelontor bantuan sembako, memfasilitasi UMKM untuk terlibat di berbagai acara di lingkunan Pemkab Jember.

Akhirnya, lanjut Bupati Hendy, upaya Pemkab Jember untuk menghalau laju inflasi berhasil. Terbukti, Pemkab Jember mendaptkan penghargaan dari Presdien RI sebagai salah satu daerah yang berhasil mengendalikan inflasi.

 

“Ini karena siapa? Ya karena bapak kades dan ibu juga. Sebab, bapak dan ibu juga bergerak untuk menghidupkan ekonomi di desanya masing-masing,” pungkasnya.

 

Kursus Kepimimpinan Peningkatan Kapasitas SDM bagi Kades Angkatan I tahun 2022 digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember, diikuti oleh 80 kades. Mereka sejak digembleng sejak Kamis (24/11/2022), dan berakhir hari ini (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan