Bupati Jember Kampanye Anti Rokok Ilegal di Tengah Pembagian BLT  

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Pemerintah Kabupaten Jember terus menggulirkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di tengah-tengah masyarakat.  Pembagian BLT dipusatkan di tiga titik, yaitu Desa Balung Lor dan Desa Tutul Kecamatan Balung, serta Balai Desa Tanjung Rejo Kecamatan Wuluhan,  Selasa (22/11/2022).

 

Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto mengatakan bahwa sumber dana BLT berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Karena itu, ia mengingatkan masyarakat agar tidak membeli rokok ilegal. Sebab rokok ilegal tidak ada cukainya.

 

“Kami membagikan BLT dan juga menyosialisasikan gerakan Gempur Rokok Ilegal dengan tidak membeli rokok ilegal serta melaporkan kepada kami apabila mengetahui ada rokok ilegal,” ujar Bupati Hendy saat memberikan sambutan.

 

Menurutnya, kehadiran rokok ilegal merugikan negara karena negara kehilangan pendapatan  yang seharusnya diperoleh dari cukai rokok. Karena itu, katanya, jika ada masyarakat yang membeli rokok ilegal berarti mereka ikut mendukung hilangnya pendapatan negara.

 

“Dan yang menjual itu bisa dikenai sanksi hukum, bisa ditangkap polisi. Jadi tak ada manfaatnya, banyak mudhorotnya,” tambah Bupati Hendy.

 

Sebaliknya, jika masyarakat membeli rokok resmi atau legal, maka berarti mereka ikut berpartisipasi dalam menyumbang pendapatan negara. Sebagain hasil cukai rokok, dikembalikan ke daerah  oleh pemerintah pusat, yang kemudian dibagikan kepada masyarakat  dalam bentuk BLT.

 

Pembagian BLT yang bersumber dari DBHCHT dijadwalkan selesai pada 29 Desember 2022 dengan target 63.335 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang masing-masing orang mendapat Rp300.000 (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan