Pupuk Organik Keren tapi Masyarakat Perlu Diyakinkan

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Pupuk bersubsidi masih menjadi persoalan krusial di negeri ini. Meski petani kerap menjerit terkait persoalan tersebut, namun tetap saja jeritan petani menguap sia-sia. Pupuk bersubsidi tetap kurang dan kurang.

 

Karena itu, Pemerintah Kabupaten  Jember  akan membangun pabrik pupuk organik cair tahun 2023. Menurut Bupati Jember Hendy Siswanto, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) saat ini telah memproduksi pupuk organik cair, tapi masih diproduksi secara terbatas. Pupuk tersebut telah diujicobakan di lahan seluas 7 hektare di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Jember.

 

“Hasilnya luar biasa, bagus sekali. Satu hektare lahan bisa menghasilkan sampai 8 ton,” jelasnya usai melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember di Pendopo Wahyawibawagraha, Jumat (18/11/2022).

 

BACA JUGA :

Bupati Jember Minta Pejabat Fungsional Layani Masyarakat dengan Senyum

 

Walaupun demikian, lanjutnya, petani masih belum yakin untuk menggunakan pupuk organik. Karena itu, Bupati Hendy meminta bantuan penyuluh agar menyampaikan kepada petani bahwa pupuk organik itu bagus, luar biasa hasilnya.

 

“Kalau gak yakin, berat itu. Selama ini kita dibantu  pupuk subsidi tapi ‘kan sedikit dan pasti kurang terus. Recoveri-nya tanah itu setahun saja. Sekalian pupuk organik untuk memperbaiki tanah. Tanah kita perbaiki dengan pupuk organik,” urainya.

 

Bupati yang juga pengusaha itu menuturkan, warga Jember sebenarnya mampu berdaulat di sektor pupuk. Saat ini, setidaknya terdapat 150 home industri pupuk organik di Jember, bahkan ada yang sudah ekspor ke Afrika.

 

“Orang Jember kirim pupuk ke Afrika, tapi petani Jember  sendiri gak mau, ‘kan aneh,” pungkasnya.

 

Pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional tersebut melibatkan 202 pejabat, 3 di antaranya adalah penyuluh pertanian (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan