Kurangi Energi Fosil, Jember Rintis Penggunaan Kendaraan Listrik

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto berkomitmen untuk merintis penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Selain untuk mengurangi ketergantungan kendaraan terhadap energi yang berasal dari fosil seperti Bahan Bahan Minyak (BBM), juga untuk menciptakan langit Jember biru, bersih dari polusi akibat emisi gas buang.

 

Untuk itu, Bupati Hendy akan membangun dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada bulan November hingga Desember 2022. Lokasinya di samping barat kantor Bupati Jember dan GOR Pemuda Kaliewates Jember.

 

BACA JUGA :

Jaga Kesehatan dan Hemat Energi, Pemkab Jember Imbau Jumat Senam Selasa ‘Sepedaan’

 

“Ini (SPKLU) ada support dari teman-teman untuk dibangun secara gratis guna menumbuhkan minat warga Jember menggunakan kendaraan listrik,” ucapnya kepada sejumlah wartawan usai memberikan sambutan dalam acara Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di jalan sisi selatan Alun-alun Jember, Rabu (9/11/2022) sore.

 

Menurut Bupati Hendy, prospek kendaraan listrik di Jember cukup bagus. Sebab ternyata SMK 7 dan SMK 2 Jember sudah memproduksi motor listrik namun belum tersosialisasikan dengan baik. Katanya, adanya Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di Jember bak gayung bersambut.

 

“Ini sudah dimulai oleh teman-teman Dishub, sudah menggunakan motor listrik. Kami bahagia dengan adanya touring ini biar masyarakat tahu bahwa motor listrik tidak membuat kita sulit, justru bagus untuk anak cucu kita ke depan. Wes wayahe Jember langit biru,” urainya.

 

Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di Jember merupakan rankaian tour dari Jakarta menuju Bali dalam rangka memeriahkan Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan dihelat di kawasan Nusa Dua tanggal 15-16 November 2022. Rombogan tour kali ini diikuti 20 mobil listrik dari berbagai agen tunggal pemegang merk (APM). 20 mobil listrik itu juga akan mengikuti pameran di Nusa Dua Bali.

 

Sekadar diketahui,  Indonesia selaku tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 menyediakan 836 unit mobil listrik untuk kendaraan transportasi VVIP dan delegasi negara-negara peserta G20 (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan