Dengan Multimedia, BLKK Nurul Yakin Rambipuji Cetak Santri Mandiri

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Multimedia belakangan ini menjadi pilihan favorit siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebab jurusan yang satu ini mengetengahkan ilmu yang berhubungan dengan cara-cara dasar membuat film, animasi, dan desain grafis.

 

“Kecenderungan zaman saat ini memang hal-hal yang berhubungan dengan animasi, desain grafis, dan video untuk youtube. Karena itu kami memilih jurusan multimedia,” ujar penanggungjawab BLKK (Badan Latihan Kerja Komunitas) Nurul Yaqin,” Fathorrahman di kompleks Pondok Pesantren Nurul Yaqin, Rambipuji Kabupaten Jember, Ahad (6/11/2022).

 

Ia menambahkan, peluang kerja bagi orang yang punya keterampilan multmedia cukup terbuka lebar. Bisa bekerja sama dengan orang lain, atau bergabung dengan perusahaan, atau bahkan bisa juga bekerja secara mandiri.

 

“Kalau membuka jasa atau usaha sendiri, lebih enak.  Penghasilannya tentu lebih besar dibanding kita bekerja dengan orang lain,”  tambahnya.

 

BACA JUGA :

Nur Yasin dan Kisah Gelar Keren yang ‘Tak Bermakna’

Di Sela Reses, Nur Yasin Resmikan BLKK Bahjatul Ulum Sukowono Jember

 

Yayasan Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah satu dari 13 pesantren dan lembaga yang mendapat bantuan Balai Latihan Kerja Komunitas  (BLKK) dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI melalui anggota Komisi IX DPRI RI, Ir H Nur Yasin.

 

BLKK Nurul Yaqin dibangun tahun anggaran 2020, dengan mengambil jurusan multimedia. BLKK ini terletak di Dusun Gumukgebang, Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji, sekitar 23,4 kilometer ke arah barat daya alun-alun kota Jember.

 

BLKK Nurul Yaqin sudah dua kali menyelenggarakan pelatihan multimedia yang masing-masing diikuti oleh 16 peserta. Mereka terdiri dari para santri dan masyarakat umum. Durasi pelatihan masing-masing 30 hari.

 

“Alhamdulillah lulusan pelatihan, sebagian mengembangkan  ilmunya untuk para santri dan alumni, dan sebagian malah mandiri,” tambah Fathorrahman.

 

Keberadaan BLKK ini tak cuma memberi bekal keterampilan bagi santri dan masyarakat tapi juga menginspirasi pengelola Pesantren Nurul Yaqin untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Menurut Fathorrahman, DKV adalah jurusan baru, pengganti multimedia. Katanya, untuk tahun ajaran baru SMK, jurusan multimedia sudah ditiadakan, diganti dengan DKV. DKV adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu.

 

Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk/makanan, desain logo, paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa.

 

“Ya intinya, peralatan yang ada di BLKK ini tetap bisa digunakan untuk program DKV,” cetusnya.

 

BLKK Nurul Yaqin cukup representatif dan bagus, dilengkapi dengan ruang pelatihan berkapasitas 16 orang, lengkap dengan peralatan multimedianya. Karena itu, lanjut Fathorrahman, BLKK ini akan terus dimanfaatkan oleh santri, murid-murid SMP, dan siswa-siswi SMK Nurul Yaqin.

 

“BLKK ini sudah lengkap, kami tinggal merawat dan memanfaatkannya untuk siswa-siswi kami,” tambahnya.

 

Sementara itu, pembina BLKK Nurul Yaqin, Hj Nur Arifah mengungkapkan, keberadaan BLKK tidak hanya melahirkan tenaga-tenaga terampil siap pakai namun juga merangsang para santri untuk belajar multimedia. Sebab, lulusan pelatihan menjadi pemicu mereka untuk belajar hal yang sama.

 

“Karena ada temannya yang bisa buat video, desain grafis, ya tentu mereka juga ingin tahu, ingin belajar itu. Dalam kesempatan ini kami juga tak lupa menghaturkan terima kasih untuk Pak Nur Yasin atas segala bantuannya,” ungkapnya.

 

BLKK Nurul Yaqin didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Yaitu satu Instruktur (Imam Hambali) dan satu tenaga kepelatihan  (Muhammad Taufik Hidayat) dan  bagian rekruitmen , M Yusuf Rohmatulloh.

 

Dengan gedung yang representatif dan SDM yang mumpuni, BLKK Nurul Yaqin akan terus eksis dan memberi manfaat bagi generasi muda agar bisa berkarya, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan (Aryudi A Razaq).

 

*) Tulisan ini adalah bagian kelima dari 13 tulisan tentang BLKK yang difasilitasi oleh anggota FKB DPR RI, Ir H Nur Yasin

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan