Kendalikan Inflasi, Bupati Jember Manfaatkan Ruang Terbuka Hijau

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto menyatakan, pihaknya akan memanfaatkan seluruh Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai pusat keramaian untuk memancing datangnya massa. Dengan demikian, pelaku UMKM dapat berjualan di sekitarnya setiap malam.  Sehingga hal ini memicu perputaran roda perekonomian di tengah masyarakat.

 

“Kami juga pacu dengan mengadakan beberapa even seperti jalan santai, pertandingan olahraga, dan banyak lagi supaya ada keramaian dan para pelaku UMKM dapat berjualan,” ungkap Bupati Hendy usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi H Muhammad Tito Karnavian, secara virtual dari Pendopo Wahyawibawagraha Jember, Senin (31/10/2022).

 

Menurut Bupati Hendy, hal itu perlu dilakukan untuk mengendalikan inflasi di tingkat lokal. Saat ini, katanya, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS)  bulan  September 2022, inflasi nasional berada di angka 1,17 persen.

 

“Sementara di Jember berada di angka 1,37, atau terpaut 0,20 persen lebih tinggi,” jelasnya.

 

Sebelumnya, Bupati Hendy bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID) mengikuti rakor dengan Mendagri Jenderal Polisi H Muhammad Tito Karnavian secara virtual.

 

Dalam kesempatan tersebut, Tito Karnavian menyampaikan rakor ini adalah acara rutin mingguan, sesuai dengan perintah dan arahan Presiden untuk secara rutin mingguan melakukan evaluasi terhadap laju inflasi.

 

Adapun penyumbang kenaikan harga komoditas pangan di seluruh Indonesia bervariasi. Sampai minggu ke-4 Oktober 2022, beras menjadi komoditas yang menyumbang kenaikan harga di 34 Provinsi. Lalu, minyak goreng di 31 Provinsi dan gula pasir di 29 Provinsi . Selebihnya tersebar pada berbagai komoditas pangan seperti bawang merah (23 Provinsi), daging sapi (18 Provinsi), telur ayam ras, tepung terigu, dan lain-lain.

 

“Kita secara rutin terus memonitor inflasi kita, keadaan keuangan ekonomi kita. Kita tidak menginginkan terjadi seperti di negara-negara lain yang di ambang kebangkrutan,” tutur Mendagri Tito Karnavian (tang/ARR).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan