Kepala Dinkes Jember : ‘Ngersulo’ Bisa Mengurangi Daya Tahan Tubuh

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Jember, Lilik Lailiyah menegaskan bahwa masalah kesehatan tidak bisa ditangani sendiri oleh Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Jember tapi mesti melibatkan pihak lain, termasuk Muslimat NU. Sebab, permasalahan kesehatan cukup kompleks.

 

“Jadi tidak bisa pemerintah mengatasi persoalan kesehatan tanpa kolaborasi dengan elemen masyarakat, terutama Muslimat NU. Alhamdulillah Pak Nur Yasin selalu eksis mendukung kami terutama dalam masalah kesehatan di Kabupaten Jember ,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam reses anggota Komisi IX DPR RI, Ir H Nur Yasin yang dikemas dengan Sosialisasi dan Advokasi Pelayanan Kesehatan Jember di aula kantor PCNU Jember Jawa Timur, Selasa (18/10/2022).

 

BACA JUGA :

Dua Pesan KH Khotib Umar Jember untuk Nur Yasin

Stunting Bukan Cuma Gegara Kemiskinan tapi Juga Soal Kepedulian Masyarakat

 

Lilik mengingatkan agar masyarakat  mewaspdai penyakit yang setiap saat muncul, baik penyakit baru maupun penyakit lama yang tumbuh kembali. Salah satu wujud kewaspadaan itu adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

 

“Karena itu jangan ngersulo, itu menandakan tidak ikhlas. Kalau tidak ikhlas, daya tahan tubuh bisa berkurang, dan itu rentan terserang penyakit,” urainya.

 

Sementara itu, dalam sambutannya Nur Yasin menekankan pihaknya akan terus menggandeng sejumlah elemen masyarakat untuk sosialisasi kesehatan. Katanya, sosialisasi itu penting guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyakit dan cara mengatasinya. Katanya, ada 4 penyakit utama yang memakan biaya di atas 60 persen biaya pengobatan nasional. Yaitu kanker  jantung  stroke, dan  ginjal.

 

“Sosialisasi atau pencerahan akan disampaikan oleh ahlinya, mereka memang ahli di bidangnya, karena mereka bekerja berdasarkan kualifiaksi  keilmuan. Saya bukan ahli di bidang itu. Saya bisa berdiri di sini karena dipilih oleh masyarakat, bukan karena ilmu,” urainya.

 

Reses tersebut dihadiri perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Ketua DPC PKB Jember Ayub Junaidi, dan puluhan pengurus Muslimat NU Jember (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan