Pemkab Jember  Bergerak Cepat Tangani 3 Sekolah Terdampak Bencana

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Jember  Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir  mengakibatkan sejumlah gedung sekolah rusak. Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, setidaknya tercatat tiga titik sekolah yang terkena dampak guyuran hujan itu.

 

Menurut Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Hadi Mulyono, titik pertama di SDN Mojomulyo 02 Puger. Halaman sekolah sersebut tergerus air sehingga mengalami erosi dan tanah longsor. Kedua, gedung SDN Badean 01 Bangsalsari, eternit jatuh. Dan ketiga, gedung SDN Gelang 07 Kecamatan Sumberbaru. Atap gedung yang ebrisi 4 lokal ini ambruk.

 

Beruntung, sejumlah kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa lantaran para siswa libur tanggal merah karena peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

BACA JUGA :

SDN Gelang 7 Ambruk Pagi Ini, 120 Murid Selamat

Tuntas Renovasi SDN 3 Jamintoro, Bupati Jember Bakal Garap Akses Jalan

 

 “Atas arahan dari Bupati Jember, untuk cek lokasi dan mencari solusi yang cepat,” tegas Hadi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Jember itu.

 

Dari beberapa arahan tersebut, Hadi segera melakukan cek lokasi di SD Mojomulyo 2 Puger bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember,  termasuk Muspika Puger.

 

“Untuk sementara, kami memasang jumbo pack dengan pasir,” jelas Hadi.

 

Sedangkan untuk penanganan SDN Badean 1 Bangsalsari yang eternetnya jatuh, bisa menggunakan anggaran BOSDA yang melekat di SD tersebut.

 

“Akan dibetulkan secepatnya,” lanjut Hadi.

 

Sementara untuk penanganan SDN Gelang 7 Sumberbaru, sudah dipasang  tiga tenda sebagai relokasi tempat belajar murid kelas 1 hingga kelas 4. Tenda tersebut hasil kolaborasi jajaran TNI, Polri, BPBD, dan muspika setempat.

 

“Terima kasih kepada seluruh pihak sehingga penanganan ini dapat berjalan dengan baik,” paparnya seraya berharap kepala sekolah setiap sekolah melakukan pemetaan serta pemantauan agar Kegiatan Belajar Mengajar tetap berjalan dengan lancar.

 

Sementara itu, Kepala SDN Mojomulyo 02 Puger Zuhriyah Praharani mengucapkan banyak terima kasih atas sikap cepat tanggap yang dilakukan Pemkab Jember melalui Dinas Pendidikan yang bersinergi dengan banyak pihak.

 

“Terima kasih bapak bupati, yang telah memberikan bantuan penahan longsor sehingga halaman sekolah kami dapat digunakan kembali dengan aman dan nyaman. Kami tunggu pelengsengan tahun depan,” ucapnya.

 

Ucapan terima kasih juga datang dari salah seorang wali murid, Subakir. Ia mengaku sempat khawatir kejadian itu dapat mengganggu kegiatan belajar anaknya. Beruntung, segera ada tindak lanjut dari pemerintah dan banyak pihak termasuk para relawan bencana.

 

“Terima kasih atas bantuan ini pak (Bupati Jember, Red), Wes Wayahe Jember Keren,” tandas Subakir (Ade Nurwahyudi/AAR).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan