UIN KHAS Jember Bidik Kerja Sama dengan Universitas Mancanegara

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember terus berpacu untuk menjadi perguruan tinggi Islam yang diperhitungkan di kancah internasional. Kali ini UIN KHAS Jember membidik kerja sama dengan universitas ternama di Asia Tenggara seperti Thailand, Singapore, dan Malaysia.

 

“Kita mulai penjajakan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri, khususnya di Asia Tenggara, dan Maroko, ” ujar Kepala Internasional Office UIN KHAS Jember, Achmad Fathor Rosyid kepada  awak media ini di ruang kerjanya, Senin (3/10/2022).

 

Rosyid, sapaan  akrabnya, baru menjabat sebagai Kepala Internasional Office UIN KHAS Jember. Ia mengakui pihaknya masih melakukan  penataan sistem agar Intenasional Office bisa bekerja secara maksimal. Selain itu,  pihaknya juga melayani mahasiswa luar negeri yang saat ini tengah menempuh pendidikan di UIN KHAS Jember.

 

“Kita hitung di UIN KHAS Jember ada 42 mahasiswa asal Thailand. Mereka kita layani kebutuhannya, misalnya perpanjangan visa, ijin tinggal dan sebagainya,” tambahnya.

 

BACA JUGA :

Mahasiswa UIN KHAS Jember Sosialisasi Moderasi Beragama di Kampung Skouw Sae Kota Jayapura Papua

Menyejukkan, PBAK UIN KHAS Jember Ditutup dengan Istigotsah dan Lantunan Shalawat

 

Ketua LAZISNU Jember itu menuturkan bahwa Rektor UIN  KHAS Jember Prof Babun Suharto mempunyai cita-cita besar terkait dengan prospek UIN KHAS di mancanegara. Katanya, kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri diperlukan sebagai bagian dari upaya UIN KHAS Jember untuk membuat jaringan lintas negara terkait dengan tema moderasi beragama yang diusung UIN KHAS Jember.

 

“Jadi saya harus bisa menerjemahkan keinginan pimpinan,” jelasnya.

 

Rosyid menambahkan, bentuk kerja sama itu kelak bisa berupa pengiriman mahasiswa UIN KHAS Jember untuk kuliah di perguruan tinggi luar negeri yang telah meneken kerja sama. Jika terkait dengan kurikulum Merdeka Belajar, maka mahasiswa UIN KHAS Jember dipersilakan ikut mata kuliah di universitas luar negeri selama beberapa semester, dan kuliah itu akan dikonversi dengan SKS di UIN KHAS Jember.

 

Dan sebaliknya mahasiswa luar negeri bisa kuliah di UIN KHAS Jember dengan durasi sesuai yang disepakati bersama.

 

“Dan biasanya itu juga disusul dengan bentuk kegiatan lain seperti kita mendatangkan dosen perguruan tinggi yang bersangkutan untuk memberikan kuliah di UIN KHAS Jember, dan sebaliknya,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan