Inilah Tiga Besar Fakultas Penerima Mahasiswa Baru  UIJ

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Secara umum pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 di lingkungan Universitas Islam Jember (UIJ) sudah ditutup. Bahkan sejak tiga pekan lalu kuliah perdana sudah dimulai. Total jumlah mahasiswa baru UIJ sekitar 1.200 orang. Dari jumlah itu,  urutan pertama penerima mahasiswa baru dimiliki oleh Fakultas Tarbiyah dengan dua Prodi: Pendidikan Agama Islam (PAI) dan PGMI (Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah). Yakni 350 mahasiswa.

 

Urutan kedua adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) dengan dua Prodi: Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi. Yakni 195 mahasiswa.

 

BACA JUGA :

UIJ Dapat Kopertais Award 2019

Kampus Aswaja Universitas Islam Jember: Dari NU untuk Nusantara

 

Dan urutan ketiga ditempati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan empat Prodi: Bimbingan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. Jumah mahasiswa barunya 192 orang.

 

Menurut Rektor UIJ H Abdul Hadi, Prodi guru PAI dan PGMI masih menjadi primadona di UIJ karena setiap tahun formasi guru untuk kedua pendidikan tersebut banyak dibutuhkan di berbagai tempat.  Sehingga secara praktis calon mahasiswa UIJ menjatuhkan pilihan kepada Prodi tersebut.

 

“Dan UIJ juga siap membekali mereka dengan ilmu yang memadai untuk calon guru agama,” urainya.

 

BACA JUGA :

Percepat Pencairan KIP Kuliah, LLDIKTI Wilayah VII Jatim Gelar Pendampingan di UIJ

Pendidikan dan Pelatihan Aswaja Aplikatif Jadi Syarat Kelulusan Mahasiswa UIJ

 

H Hadi menambahkan, calon guru di UIJ tidak sekadar dididik dengan mata kuliah umum dan agama sebagaimana biasa, tapi juga dididik dengan ajaran Ahlussunnha wal Jamaah (Aswaja). Ini sebagai implementasi dari visi-missi UIJ sebagai wadah penggemblengan kader NU.

 

“Kita didik dan kita bekali calon-calon guru dengan Aswaja Annahdliyah,” jelasnya.

 

UIJ saat ini memiliki 7 fakultas dengan 14 Prodi. Ke-7 fakultas itu adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ilmu Sosial Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  dan Fakultas Ilmu Kesehatan.  Sedangkan 14 Prodi itu adalah S1 Ilmu Hukum, S1 Administrasi Publik,  S1 Ilmu Komunikasi, S1 Agribisnis, S1 Agroteknologi, S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Guru MI, S1 Ekonomi Syariah, S1 Manajemen Bisnis Syariah, dan D3 Kebidanan (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan