Mid-Z, Jurnal Fikes UIJ Terakreditasi Sinta 4

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Islam Jember (UIJ) mempunyai jurnal ilmiah yang lumayan bagus. Namanya Midwifery Zigot, atau biasa disingkat Mid-Z. Kendati baru diluncurkan tahun 2018, namun Mid-Z sudah terakreditasi science and technologi indeks (Sinta) 4.

 

Menurut Dekan Fikes UIJ, Dewi Rakhmawati, jurnal ilmiah adalah satu kebutuhan bagi sebuah perguruan tinggi. Sebab jurnal merupakan wadah publikasi karya ilmiah  para dosen dan mahasiswa.  Katanya, terbitnya Mid-Z berangkat dari modal nekat, karena hanya didorong oleh keinginan yang besar untuk memiliki jurnal ilmiah tanpa ada persiapan sumber daya manusia (SDM) yang memadai.

 

BACA JUGA :

UIJ Kerja Sama dengan UPI Bandung Tingkatkan Kualitas Penulisan Artikel llmiah

Napak Tilas Perjuangan Kiai As’ad, Agenda Rutin Pramuka UIJ

 

“Mau tidak mau memang harus ada (jurnal),” ujar Dewi, sapaan akrabnya, kepada awak media ini di ruang kerjanya, Selasa (27/9/2022).

 

Hingga tahun ini, Mid-Z sudah terbit tujuh kali, dengan penulis sebagian banyak berasal dari internal kampus UIJ. Dikatakannya, jurnal yang bagus adalah banyak penulis berasal dari luar kampus. Karena itu, Dewi mengaku terus akan mempromosikan Mid-Z agar pihak luar kampus tertarik menulis hasil penelitiannya di jurnal tersebut.

 

“Meskipun tidak terlalu banyak, yang penting ada (penulis dari luar),” jelasnya.

 

Dewi menambahkan, tidak gampang sebuah jurnal untuk mendapatkan akreditasi Sinta 4. Awalnya ia mengaku tak yakin bahwa Mid-Z akan terakreditasi, namun segenap pengelola Mid-Z berjuang dan bahu-membahu untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan guna mendapatkan akreditasi.

 

“Semua tidak mudah, karena mau terakreditasi Sinta 4 saja harus melalui tahap bawah,” ungkapnya.

 

Dewi bertekad untuk terus berusaha memperbaiki kualitas Mid-Z sesuai standar yang ditentukan, sehingga kelak jadi rujukan para penulis.

 

“Jadi salah satu rujukan para penulis meriset artikelnya di tempat kami (Mid-Z),” pungkasnya.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan