Percepat Pencairan KIP Kuliah, LLDIKTI Wilayah VII Jatim Gelar Pendampingan di UIJ

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Dalam rangka mempercepat pencairan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi mahasiswa baru tahun anggaran 2022/2023,  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI menggelar pendampingan bagi operator/pengelola KIP Kuliah di lingkungan LLDIKTI VII Jawa Timur Rayon Jember,  Kamis (22/9/2022).

 

Pendampingan yang digelar di aula Miftahul Ulum Universitas Islam Jember (UIJ) itu diikuti oleh 75 perguruan tinggi swasta se-Jawa Timur. Menurut Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Jawa Timur, Ivan Rovian, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk  memberikan pendampingan percepatan pencairan beasiswa KIP Kuliah, agar dananya bisa segera dimanfaatkan oleh yang berhak, baik pihak kampus maupun mahasiswanya.

 

BACA JUGA :

350 Mahasiswa Baru Fakultas Tarbiyah UIJ Ikuti Pengenalan Budaya Akademik

UIJ Kerja Sama dengan UPI Bandung Tingkatkan Kualitas Penulisan Artikel llmiah

 

“Jadi ini memang harus dilakukan karena ada skema-skema yang harus disesuaikan dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang sudah disampaikan oleh kementerian,” jelasnya kepada awak media ini usai membuka kegiatan tersebut.

 

Ivan menambahkan, setiap tahun ada evaluasi-evaluasi demi penyempurnaan program beasiswa KIP Kuliah. Oleh karena itu, standar-standar yang sudah diperbarui, perlu dipahami oleh operator atau pengelola beasiswa KIP Kuliah.

 

Katanya, setiap tahun diadakan evaluasi-evaluasi baik itu dari kementerian maupun LLDIKTI untuk menyempurnakan program beasiswa KIP Kuliah,  maka ada standar- standar yang memang diperbarui.

 

“Nah ini ‘kan butuh sosialisasi. Jadi harapan kami dengan sosialisasi (pendampingan) ini, seara teknis pencairan tidak ada kendala, sehingga bisa segera dirasakan manfaatnya, ” jelasnya.

 

Terkait dengan target pencairan beasiswa KIP Kuliah, Ivan mengungkapkan bahwa secepatnya akan cair. Yang penting, lanjutnya, tahapan-tahapan proses pencairan sudah dilalui, maka beasiswa KIP Kuliah, segera cair.

 

“Secepatnya cair, bulan ini bisa,” ungkapnya.

 

Kegiatan pendampingan di UIJ ini adalah yang kedua kalinya dilakukan oleh LLDIKTI VII Jawa Timur. Sebelumnya kegiatan serupa sudah dilakukan di Rayon Malang. Pendampingan ketiga akan digelar di Rayon Pantura-Lamongan.

 

Sementara itu, Rektor UIJ H Abdul Hadi menegaskan bahwa kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat bagi operator atau pengelola beasiswa KIP Kuliah. Sehingga masing-masing perguruan tinggi yang ikut kegiatan ini bisa secepatnya merasakan manfaatnya dari beasiswa tersebut.

 

“Tentu kita ingin cepat cair, tapi kita juga ingin aman dan selamat. Karena itu, proses-proses pencairan harus dilakukan dengan benar,” ucapnya (Ade Nurwahyudi/AAR).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan