Sah, Muhammad Sholeh Nahkoda Baru HKTI Jember

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Jember akhirnya mempunyai nahkoda baru, yaitu Muhammad Sholeh, SH., M.Si. Pria berumur 48 tahun ini terpilih secara aklamasi sebagai ketua dalam Musyawarah Cabang (Muscab) HKTI Jember di hotel Luminor, Rabu (21/9/2022). Sholeh dan jajarannya akan memimpin HKTI Jember periode 2022-2027.

 

Sidang pleno untuk memilih ketua, tak perlu berpanjang kalam atau sibuk  meladeni interupsi dari peserta sidang. Sebab, Sholeh akhirnya melenggang sebagai calon ketua tunggal.

 

Sebelumnya, ada dua calon yang diverifikasi oleh Tim Akselerasi HKTI Jawa Timur, yaitu Evi Lestari dan Muhammad Sholeh. Setelah dilakukan tahapan seleksi, Evi Lestari tidak lolos karena tidak didukung oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC). Sedangkan Sholeh didukung oleh 31 PAC HKTI Jember. Dukungan untuk Sholeh ini, kemudian diverifikasi lagi oleh Tim Akselerasi HKTI Jawa Timur di area Muscab, dan ternyata betul.

 

“Ibu Evi, selain tidak memenuhi syarat dukungan PAC, saat ini juga tidak hadir. Jadi otomatis gugur sebagai calon ketua,” ujar ketua sidang pleno, Hendro S.

 

BACA JUGA :

Bupati Hendy Terharu atas Kepedulian HKTI Jember dan PWJ Asyik

 

Dengan demikian, Sholeh menjadi calon tunggal, dan jalannya menuju kursi ketua HKTI Jember sudah lempang. Sebagai calon ketua, Sholeh diminta maju ke podium  untuk menyampaikan visi-misinya. Setelah itu, peserta sidang secara aklamasi memilih Sholeh sebagai Ketua HKTI Jember. Sah.

 

Terpilihnya Sholeh sekaligus mengakhiri kegaduhan yang terjadi tubuh HKTI Jember. Sebelumnya, Evi Lestari menggelar Muscab HKTI Jember di rumah pengusaha properti, Abdussalam. Namun Muscab tersebut digagalkan oleh kubu Jumantoro karena dinilai tidak sesuai dengan AD/ART organisasi.  Sebab, salah satu syarat Muscab yaitu penyelenggara Muscab adalah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HKTI Jember. Dan akhirnya Polres Jember memediasi kedua belah pihak. Forum mediasi menyepakati bahwa DPD HKTI Jawa Timur memberi waktu kepada HKTI Jember untuk menyerahkan SK yang sah.

 

“Dan pada hari ini kami selaku DPD HKTI Jawa Timur telah memberikan SK Bapak Jumantoro dan kepengurusan yang sah. Maka Muscab hari ini, Rabu tanggal 21 September 2022, sah dilaksanakan,” ujar Wakil Ketua DPD HKTI Jawa Timur, Dwi Nugraha Oktavianto, sebelum membuka Muscab.

Ketua HKTI terpilih Muhammad Sholeh berfoto bersama peserta Muscab

Bupati Hendy Minta HKTI Jember Terus Perjuangkan Kepentingan Petani

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember, Imam Sudarmaji berharap agar kehadiran HKTI dapat memainkan peran dan fungsinya  selaku organisasi profesi yang memperjuangkan dan memfasilitasi kepentingan petani.

 

“Dan muaranya adalah demi tercapainya kesejahteraan petani,” ucapnya.

 

Bupati juga berharap pengurus HKTI Jember dapat menjalankan fungsi advokasi, pendampingan, dan pembelaan terhadap berbagai kepentingan petani di semua sektor.

 

“Fungsi pembinaan dan bimbingan terhadap petani juga perlu diberikan sehingga petani dapat meningkatkan produktifitasnya,” pungkasnya.

 

Muscab tersebut diikuti oleh 300-an peserta yang terdiri dari PAC HKTI se-Kabupaten Jember. Sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh politik, juga hadir sebagai tamu undangan (Aryudi A Razaq).

 
 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan