UIJ Kerja Sama dengan UPI Bandung Tingkatkan Kualitas Penulisan Artikel llmiah

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Universitas Islam Jember (UIJ) terus berupaya untuk meningkatkan keterampilan dosennya dalam penulisan artikel ilmiah dengan target termuat di jurnal terindeks scopus. Karena itu, perguruan tinggi milik NU Jember ini menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Penjajagan itu diwujudkan dalam pertemuan antara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIJ dan jajarannya dengan Kepala Pusat Kajian Pengembangan Kebijakan Publik, Inovasi Pendidikan dan Pendidikan Kedamaian LPPM UPI, Syaifullah  di aula rektorat UIJ kampus 1, Jalan Kiai Mojo Nomor 01 Jember, Jumat (16/9/2022).

 

Menurut Ketua LPPM UIJ, Siti Roudlatul Hikamah, pertemuan yang dikemas dengan Focus Group Discussion (FGD) itu menghasilkan 4 poin rencana kerja sama UIJ-UPI. Pertama adalah Penulisan artikel ilmiah oleh dosen-doesn UIJ di jurnal UPI yang terindeks scopus.

 

Kedua,  bimbingan  teknis (bimtek)  jurnal terkait dengan peningkatan akreditasi jurnal yang dimiliki UIJ. Ketiga, bimtek proposal penelitian dan pengabdian. Dan keempat adalah joint penelitian dan pengabdian bidang pendidikan kedamaian dan moderasi beragama. Pendidikan kedamaian merupakan ciri khas UPI. Sedangkan moderasi beragama menjadi ‘trade merk’ UIJ.  

 

BACA JUGA :

Rektor UIJ Minta Mahasiswa Baru Jaga Akhlak

Asrorun Ni’am: Mahasiswa UIJ Harus Jadi Contoh Kuliah Tak Hambat Wirausaha

 

“Keempat poin itu masih akan dimantapkan saat MoU diteken kedua belah pihak nanti. Akhir tahun ini rencannya kita ke UPI. Harapan kita tahun depan sudah jalan (kerja sama itu),” tukasnya kepada awak media ini di ruang kerjanya, Senin (19/9/2022).

 

Ika, sapaan akrabnya,  mengungkapkan bahwa bagi seorang dosen, keterampilan  menulis karya ilmiah di jurnal  yang terindeks scopus teramat penting. Sebab, scopus adalah nilai akreditasi jurnal internasional tertinggi. Karena itu, sangat tidak mudah untuk bisa menulis karya di jurnal scopus, seleksinya sangat ketat. Katanya, keuntungan dosen yang bisa menulis di scopus banyak. Di antaranya adalah sebagai syarat bagi dosen untuk kenaikan pangkat. Dan tentu saja juga bisa mengaharumkan namanya dan nama perguruan tinggi yang menaunginya.

 

“Karena itu, nanti ada bimbingan dari UPI Bandung agar kita bisa menulis karya ilmiah di jurnal yang terindeks scopus,” ujarnya.

 

Sekedar diketahui, UIJ sudah lama memiliki jurnal bernama Bioshell terakreditasi Sinta 5, dan Axioma terakreditasi Sinta 4 (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan