DPD SWI Jember Gelar Rakerda, Inilah Harapan Bupati Hendy

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto mengajak seluruh insan pers untuk berpartisipasi membangun Jember dengan kerja jurnalistik yang berkualitas , profesional dan bermartabat. Menurutnya,  berita-berita yang disajikan oleh seorang jurnalis, juga berfungsi sebagai kontrol sosial, baik bagi pengambilan kebijakan pemerintah  daerah maupun dalam tataran pelaksanaannya.

 

“Pemerintah Kabupaten Jember  sangat memerlukan bantuan dan kerja sama yang harmonis dari berbagai pihak, tak terkecuali dengan media atau insan pers,” ujar Bupati Hendy  saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Jember  di hotel Aston Jember, Rabu (7/9)/2022). Sambutan tersebut dibacakan oleh Kepala Dinas  Kominfo Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandi karena Bupati Hendy berhalangan hadir.

 

BACA JUGA :

Kadis Kominfo Jember: Era Digital Perlu Diimbangi ‘Skill’ yang Mumpuni

 

Menurut Bupati Hendy, eksistensi Insan pers atau  wartawan memiliki arti yang sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Jember,  yaitu sebagai mitra publikasi program-program pemerintahan,  pelaksanaan pembangunan daerah, dan informasi  atau edukasi kemasyarakatan lainnya.

 

Iapun berharap agar Rakerda I SWI Kabupaten Jember tidak hanya bernafaskan semangat untuk mewujudkan kehidupan pers dan jurnalistik  yang independen, profesional, bermartabat dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik saja.

 

“Tapi juga  dapat menjamin terpenuhinya hak masyarakat untuk memperoleh  informasi yang tepat akurat, dan benar,” urainya.

 

Sementara itu, Ketua DPD SWI Jember, Suyono HS, mengatakan kehadiran SWI di Jember adalah untuk mewadahi wartawan yang belum tertampung di organisasi profesi wartawan lain. Katanya, SWI tidak hanya fokus untuk meningkatkan kualitas jurnalisme para anggotanya namun juga akan menggarap dan memberdayakan mereka dari sisi ekonomi.

 

“Kami juga berpikir meningkatkan kesejahteraan wartawan. Kalau di pusat (DPP SWI), sudah berdiri koperasi dan usaha-usaha lain untuk meningkatkan kesejahteraan anggota SWI,” jelasnya saat memberikan sambutan.

 

Peserta Rakerda I SWI Jember berfoto bersama Wabup Jember, Gus Firjaun (berkopiah)

Mantan Ketua PWI Jember itu  menambahkan, Rakerda ini merupakan tindaklanjut dari pembentukan  DPD SWI Jember yang ditandai dengan penerbitan SK dari DPP SWI. Jember, katanya, adalah satu dari 3 kabupaten di Jawa Timur yang telah membentuk kepengurusan SWI.

 

Insyaallah tahun ini, 38 kabupaten/kota di Jawa Timur akan segera terbentuk SWI,” ucap Suyono.

 

Anggota DPD  SWI Jember saat ini mempunyai anggota 30  orang, sebagian besar telah mempunyai KTA SWI, sebagian yang lain masih dalam proses penerbitan KTA. Merekalah yang menggelar Rakerda I SWI di hotel Aston itu.

 

“Rekrutmen keanggotaan saat ini menjadi fokus DPD SWI dan penataan organisasi juga,” pungkas Suyono

 

Rakerda yang mengusung tema Mewujudkan Wartawan Profesional dan Sejahtera tersebut, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun), perwakilan dari Kejari Jember, Mapolres Jember, dan sejumlah tokoh politik (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan