Rektor UIJ Minta Mahasiswa Baru Jaga Akhlak

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Mahasiswa baru Universitas Islam Jember (UIJ) diharapkan selalu mengedepankan akhlak dalam setiap tarikan nafasnya. Sebab akhlak memegang peranan penting bagi siapapun dalam mengarungi jagat kehidupan yang maha luas ini.

 

Harapan tersebut disampaikan Rektor UIJ, H Abdul Hadi saat memberikan sambutan penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di halaman Balai Serba Guna (BSG) Kaliwates Jember, Sabtu (3/9/2022) malam.

 

Menurut Hadi,  sapaan akrabnya, dewasa ini akhlak begitu penting ditunjukkan oleh mahasiswa UIJ di tengah jebolnya tembok moral sebagian generasi muda. Akhlak yang dipraktikkan oleh para mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus, secara tidak langsung telah mengkampanyekan UIJ.

 

“Mahasiswa UIJ tolong akhlak diutamakan,” ujarnya.

 

BACA JUGA :

Pastikan Alumni Fasih Membaca Al-Qur’an, UIJ Gelar Pelatihan Metode Allimna

 

Ia menambahkan, semulia-mulianya manusia adalah orang yang berilmu. Dan semulia-mulianya orang berilmu adalah yang berakhlak. Karena itu,  mahasiswa UIJ wajib menjaga akhlak dalam perilaku kesehariannya. Katanya, mahasiswa tak perlu khawatir dalam mencari penghidupan jika akhlak selalu dikedepankan.

 

“Kalau akhlak benar-bear dijaga, kalau cuma pekerjaan jangan khawatir, insyaallah gampang,” ungkapnya.

 

Wakil Ketua PCNU Jember ini mengingatkan 3 ‘sasaran’ terkait akhlak. Pertama akhlak kepada Allah. Yaitu melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

 

Kedua, akhlak kepada orang tua. Bentuknya adalah hormat dan patuh kepada mereka. Karena bagaimanapun orang tua sangat berjasa bagi kehidupan seorang anak.

 

BACA JUGA :

Rektor UIJ Lantik Warek dan Dekan, Ini Pesannya

 

“Ketiga, akhlak kepada sesama teman dan masyarakat,” urainya.

 

Acara penutupan PKKMB yang dikemas dengan Malam Inagurasi ‘First Stage for Succes’ itu dimeriahkan oleh orkes gambus Balasyik (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan