Bupati Jember Kenalkan Destinasi  Wisata dengan  Lomba Lari Internasional

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto  tak pernah lelah  mengkampanyekan potensi  wisata Jember  di level nasional maupun internasional.  Kali ini  dengan  menggelar  Jember Running Festival,  Ahad (21/8/2022) pagi.

 

Jember Running Festival terdiri dari beberapa kategori, yaitu kategori kids run 1 Km diikuti 22 pelari, kids run 5 Km diikuti 37 pelari, dan kategori 10 Km dengan 150 pelari, 21 Km diikuti 38 pelari, serta 42 Km dengan 40 pelari. Rute lima kategori ini lebih banyak berada di dalam kota Jember, muter-muter dari Alun-alun mengelilingi kota hingga kembali ke Alun-alun lagi.

 

Sedangkan kategori Ultra Maraton dengan jarak tempuh 70 kilometer diikuti oleh 39 pelari. Di kategori ini, pesertanya selain pelari domestik, juga berasal dari  mancanegara, yaitu Malaysia, Japan, Denmark, Belgia, dan Thailand.

 

Ultra Maraton ini merupakan ajang kompetisi lari seri ke-26 dari kejuaraan Asia Trail Master 2022. Asia Trail Master sendiri merupakan kompetisi lari trail di Asia kelas internasional.

 

BACA JUGA:

Gol Tunggal Richard Antarkan Jember Raih Emas Sepak Bola Porprov Jatim

 

Menurut Bupati Hendy, untuk kategori Ultra Maraton, beberapa bulan lalu tim Asia Trail Master dari Belgia sudah mengunjungi Jember untuk memastikan kelayakan venue Lomba Lari Maraton itu.

 

“Artinya lomba ini benar-benar bertaraf internasional dan diketahui oleh dunia,” ujarnya  usai melepas Jember Running Festival di ruas jalan alun-alun Jember.

 

Ia menyatakan bahagia karena event tersebut adalah pertama kalinya digelar di Jember  dengan taraf internasional pula.

 

“Harapan kami tahun depan event serupa bisa dilaksanakan lagi di Jember, dan bisa diikuti oleh peserta yang lebih banyak lagi,” urainya.

 

BACA JUGA:

Porprov VII, dari Jawa Timur untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia

 

Untuk kategori Ultra Maraton, peserta akan melewati rute yang menyimpan beragam keindahan alam Jember, dan potensial menjadi destinasi wisata. Mereka dihadapkan dengan rute lari yang menantang dan tidak biasa dalam kategori Trail Running.

 

Rute Trail Running akan menjelajahi indahnya  pemandangan alam di lereng tenggara Pegunungan Argopuro. Titik start dimulai dari kawasan wisata Rembangan di kaki Gunung Argopuro, kemudian akan menuju ke Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi sejauh 10,5 Km.

 

Setelah itu para peserta akan berlari ke arah Batu Ampar Kali Jompo, Sukorambi dan Wisata Kemiri Panti dengan total jarak 18 Km.

 

Selanjutnya, mereka akan melewati daerah Terjun Tancak dan Agrowisata Gunung Pasang sejauh 17 Km.

 

Kemudian, mereka menuju desa Karangpring, Sukorambi dan diteruskan ke Cendhani Park Slawu sepanjang 19 Km.

 

Hingga finish di alun-alun, peserta Ultra Maraton akan menempuh jarak total 70 Km, dengan batas waktu  14 jam  untuk menyelesaikannya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan