Mahasiswa UIN KHAS Jember Sosialisasi Moderasi Beragama di Kampung Skouw Sae Kota Jayapura Papua

 

JATIMBERITA.COM | Jayapura –  Momentum Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Papua benar-benar dimanfaatkan oleh dua mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember untuk menyosialisasikan pentingnya nilai-nilai moderasi beragama dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di Nusantara ini. Salah seorang di antaranya adalah Tri Budi Prasetyo. Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir ini memberikan pencerahan tentang moderasi beragama dalam Pelatihan Dasar Kepemimpinan di Kampung Skouw Sae, Distrik Muaratami Kota Jayapura, Papua, Rabu (10/8/2022).

 

Dalam pemaparannya, Tri Budi mengungkapkan betapa pentingnya nilai-nilai  moderasi beragama dimiliki dan diamalkan oleh masyarakat, lebih-lebih di daerah yang penduduknya cukup beragam latar belakang agamanya. Katanya, moderasi beragama adalah sikap moderat atau tengah-tengah dalam memahami dan menjalani kehidupan beragama, sehingga tidak terlalu ekstrem atau radikal dalam memahami ajaran agamanya, kecuali untuk hal-hal yang prinsip.

 

“Moderasi beragama sebagai wujud  dari sifat manusia sejati, karena hakikat dari manusia adalah memanusiakan manusia,” ungkapnya.

 

Di bagian lain, Tri Budi mengungkapkan sikap moderat juga penting dimiliki oleh generasi muda. Sebab, cepat atau lambat, merekalah yang kelak menjadi pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Dikatakannya, pemuda saat ini adalah pemimpin dalam 20 hingga 25 tahun ke depan.

 

“Mereka harus memiliki semangat mengabdi, moderat, dan bisa bersinergi dengan siapapun,  dan dapat menjadi kader perubahan yang unggul dalam setiap masanya terutama untuk persiapan generasi emas 2045,” urainya.

 

Pelatihan tersebut diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari delegasi SMK dan SMA Kampung Skouw Sae dan sekitarnya.

Peserta pelatihan cukup semangat mengikuti acara hingga tuntas, karena selain mendapat ilmu dan memperluas wawasan, juga di ujung acara ada hadiah untuk  peserta yang benar menjawab kuis.

 

Selain Tri Budi, Mohammad Fauzi, mahasiswa  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Matematika, UIN KHS Jember juga KKN di Papua. Keduanya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KNMB) tahun 2022 selama 40 hari di Papua yang dimulai sejak 17 Juli 2022 (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan