Tertarik Tembakau Jember, Kemenlu RI Siap Fasilitasi Kerja Sama Jember-Kuba

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Direktur Amerika II Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia Darianto Harsono memberikan  apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Jember yang menggelar Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI). Yaitu sebuah acara untuk memperkenalkan cerutu Jember kepada Indonesia bahkan dunia. Menurutnya, JKCI menjadi wadah untuk mengenalkan potensi tembakau di Jember.

 

“Termasuk (JKCI) membangkitkan perekonomian Jember,” ungkapnya saat pembukaan JKCI di lantai 1 Pendopo Wahyawibawagraha, Jumat (22/7/2022) malam.

 

Harsono juga berjanji akan  mengupayakan Jember bisa kerja sama dengan pemerintah luar negeri. Salah satunya, bekerja sama dengan Kuba, yang notabene dikenal sebagai negara penghasil cerutu terbaik di dunia.

 

“Ke depan, akan kami fasilitasi berbagai persiapan dan pelaksanaan kerja sama tersebut,” tuturnya.

 

Sebelumnya, Bupati Jember  H. Hendy Siswanto, menjelaskan bahwa Kabupaten Jember memiliki luasan lahan yang luar biasa.

 

“Jember sendiri merupakan petikan kecil dari surganya Allah,” ucapnya.

 

Hasil tembakau, lanjutnya, khususnya cukai menjadi salah satu penyumbang pembangunan terbesar. Dan Jember juga menjadi salah satu kontributor terbesar jika dibandingkan dengan kota lain. Oleh karena itu, sudah layak bahwa Jember dikatakan Kota Cerutu.

 

“Terlebih, ada anugerah alias keunikan soal lahan di Jember sehingga menghasilkan tembakau yang istimewa,” ungkapnya.

 

Menurut Bupati Hendy, sektor perkebunan telah memberikan kontribusi yang sangat signifikan. Baik untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) maupun pendapatan asli negara. Selain dikenal sebagai Kota Tembakau, Jember juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia.

 

“Jember juga dikenal dengan sebutan Kota Fashion Carnival. JFC (Jember Fashion Carnival) sendiri juga kerap memperoleh penghargaan,” ulasnya.

 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Heru Suseno mengapresiasi Bupati Jember yang terus berusaha untuk  membangkitkan ekonomi di Jember. Salah satunya, mengadakan serangkaian kegiatan JKCI. Katanya, Jember telah melakukan hal-hal yang sangat luar biasa.

 

“Terima kasih untuk bapak bupati dan jajarannya, ada salam dari gubernur,” jelasnya.

 

Pembukaan JKCI yang dikemas  dengan gala dinner itu dihadiri oleh 10 perwakilan manca negara, salah satunya adalah Kuba. JKCI akan digelar hingga 3 hari ke depan (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan