Asrorun Ni’am: Mahasiswa UIJ Harus Jadi Contoh  Kuliah Tak Hambat Wirausaha

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Deputi 2 Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Olahraga (Kemenpora) RI, Asrorun Ni’am Sholeh menegaskan bahwa kuliah offline (tatap muka) tidak menghambat mahasiswa untuk menekuni wirausaha. Sebab, wirausaha mempunyai waktu yang fleksibel sehingga bisa dikerjakan kapanpun di luar kegiatan kuliah.

 

“Kuliah offline tidak menjadi penghalang untuk berwirausaha. Tidak ada alasan karena kuliah, lantas wirausahnya tutup. Atau sebaliknya, kuliah lancar tapi usahanya buyar,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam Kuliah Kewirausahan di aula Miftahul Ulum, kampus 1 Universitas Islam Jember (UIJ), Kamis (14/7/2022).

 

Penegasan tersebut ia sampaikan menanggapi ‘keluhan’ seorang mahasiswi UIJ yang giat menekuni wirausaha, namun diakui agak terhalang oleh jadwal kuliah offline yang padat setelah Covid-19 melandai.

 

Menurut Asrorun Ni’am, mindset bahwa jadwal kuliah offline yang padat menghambat berkembangnya wirausaha yang dilakukan mahasiswa adalah cara berpikir yang salah. Katanya, antara kuliah dan berwirausaha tidak seprti bejana berhubugan, yakni yang satu hidup, dan satunya lagi mati.

 

“Tidak seperti itu, kuliah offlie dan berwirausaha bisa sama-sama jalan. Apalagi dengan pendekatan kuliah merdeka seperti hari ini. Kalau you punya aktifitas, yang mendukung perkuliahan, maka pada hahekatnya itu harus di-support,” urainya.

 

Alumni Madrasah Aliah Negeri (MAN) Program Khusus (PK) Jember itu meminta agar mahasiswa UIJ bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lain bahwa kuliah bisa berjalan dengan lancar meski pada saat yang sama si mahasiswa juga berkreasi dengan wirusahanya.

 

“Mahasiswa UIIJ harus menjadi contoh sukses,  bahwa kuliah tidak menjadi penghalang untuk berwirausaha,” pintanya.

 

Dalam kesempatan itu, sebanyak 5 mahasiswa UIJ mengajukan proposal pengembangan usaha guna mendapatkan fasilitas permodalan dari Kemenpora RI. Usaha kelima mahasiswa itu sudah berjalan, dengan beragam bentuknya mulai dari ternak lele, desainer, hingga usaha produk makanan ringan.

 

UIJ adalah salah satu dari 35 perguruan tinggi swasta dan negeri se-Indonesia yang terpilih sebagai mitra kerjasama Kemenpora RI untuk pengembangan UMKM mahasiswa. Salah satu syarat untuk dipilih sebagai mitra kerjasama adalah bahwa perguruan tinggi yang bersangkutan memiliki komitmen untuk memasukkan mata kuliah kewirausahaan di seluruh program studinya (Aryudi A Razaq).  

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan