Bupati Jember Minta Koperasi Ekspansi Usaha

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Bupati Jember  Jawa Timur Hendy Siswanto meminta generasi muda untuk mencintai koperasi. Sebab, koperasi cukup besar manfaatnya bagi masyarakat maupun anggota koperasi itu sendiri. Esensi koperasi adalah gotong royong, swasembada, dan saling membantu satu dengan yang lain.

 

“Ini kesempatan baik bagi kita semua, khususnya adik-adik generasi muda, mari kita berkoperasi bersama-sama. Jiwa gotong-royong yang menjadi ciri khas koperasi dan negeri ini harus dipertahankan,” ujarnya kepada para awak media di sela-sela Tasyakuran Hari Koperasi ke-75 di gedung Dekopinda,  Jalan Cenderawasih, Kecamatan Patang, Kabupaten Jember, Selasa (12/7/2022).

 

Bupati Hendy berharap agar para pengurus yang punya pengalaman mengelola koperasi bisa menelorkan ilmunya kepada generasi muda, sehingga regenerasi dalam koperasi dapat berjalan dengan baik.  Selain itu, lanjutnya, koperasi sudah saatnya menerapkan digitalisasi  di segala bidang. Sehingga market koperasi Jember semakin bagus dan otomatis dapat bersaing dengan yang lain.

 

“Digitalisasi saat ini tak bisa dipungkiri. Wes wayahe  koperasi Jember  menerapkan digitalisasi sistem, sehingga bisa bersaing,” tambahnya.

 

Bupati yang juga pengusaha itu mengapresiasi Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Jember. Sebab, ternyata Dekopinda Kabupaten Jember mewadahi beberapa koperasi yang ada di Jember. Kendati demikian,  Bupati Hendy meminta agar koperasi jangan hanya berkutat dengan usaha simpan pinjam, tapi bisa ekspansi ke bidang lain.

 

“Koperasi harus terbuka. Bisa kerjasama dengan Pemkab Jember, bisa usaha di agen pupuk, kopi,  dan sebagainya,” pungkasnya.

 

Di tempat yang sama, Ketua Dekopinda Kabupaten Jember, Edi Sudarsono menyatakan salut atas perhatian dan dukungan Bupati Jember terhadap koperasi. Bahkan sudah 20 tahun gedung Dekopinda tidak dikunjungi Bupati Jember  kecuali saat ini oleh Bupati Hendy.

 

Edi menyatakan setuju dengan saran Bupati Hendy agar koperasi tidak hanya terpaku dengan kegiatan simpan pinjam. Katanya, ke depan Dekopinda Jember akan merintis usaha di bidang lain, seperti retail dan migas.

 

“Ada kemungkinan kita juga akan melakukan usaha migas. Karena migas adalah sesuatu yang luar biasa, dan sampai sekarang koperasi Jember belum pernah dapat kesempatan  berkegiatan di sektor migas,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).  

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan