Malam Ini, Linkrafin Jadi Bintang Tamu Malam Puncak Lomba Kamu Aku Kemenparekraf 2022

JATIMBERITA.COM I Jakarta – Lingkar Kreatif Independen (Linkrafin), komunitas musik asal Jember yang menjadi Juara 1 dan Favorit pada Lomba Karya Musik Anak Komunitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KAMU AKU) 2021, akan tampil dalam Malam Puncak KAMU AKU 2022 yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Kamis malam (30/6/2022).

Rombongan Linkrafin sudah berada di Jakarta sejak Rabu malam (28/6/2022). Mereka akan menampilkan lagu Jember Nusantara yang jadi single epik-nya selama ini, Linkrafin secara khusus juga menyiapkan satu nomor sendratasik bertajuk Clash of Sadeng.

Yudho Andriansyah, founder Linkrafin melalui sambungan telepon, mengatakan bahwa kesiapan yang dilakukan sudah 100%. Selama setahun sejak Malam Puncak KAMU AKU 2021, sudah banyak karya lagu yang dihasilkan dan ditampilkan ke publik.

“Event ini sangat bersejarah bagi kami, karena itu senang rasanya diminta tampil sebagai bintang tamu tahun ini,” katanya.

Linkrafin termasuk salah satu komunal kreatif yang mengharumkan nama Kabupaten Jember dengan berbagai prestasi yang pernah diraih. Uniknya, salah satu grup asuhan Linkrafin yang bernama Samudra Hindia turut masuk dalam 15 besar dari 400 lebih komunitas musik dari seluruh Indonesia yang ikut dalam KAMU AKU 2022.

Meskipun tidak sampai lolos babak 5 besar, pencapaian ini merupakan bukti diperhitungkannya karya-karya musik dari Jember. Willy Jaya Sukma sebagai music director Linkrafin, menilai pencapaian yang dilakukan Linkrafin selama ini adalah buah dari semangat kreatif anak-anak muda Jember yang senang berkolaborasi.

“Tanpa adanya kolaborasi, sulit rasanya mau maju. Apalagi karya-karya kami selama ini fokus pada pelestarian instrumen etnik dan tradisional yang dikombinasikan dengan musik modern. Dari situ saja, sudah terlihat kalau harus ada kolaborasi,” katanya menegaskan.

Sama seperti tahun lalu, Malam Puncak KAMU AKU 2022, akan menampilkan 5 besar komunitas yang sudah terpilih. Di antaranya adalah Sanggar Luar Kotak Production (Denpasar, Bali), Trio AFI (Palembang, Sumatera Selatan), Lembaga Budaya dan Seni Indramayu (Indramayu, Jawa Barat), Blagger (Jayapura, Papua) dan Komunitas Polela Sigi (Sigi, Sulawesi Tengah).

Penampilan Malam Puncak KAMU AKU 2022 disiarkan streaming di Youtube Kemenparekraf nanti malam, Kamis 30 Juni 2022 mulai Pukul 19.30 – selesai. Jangan lupa saksikan Linkrafin jadi bintang tamu (br/ary)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan