Komisi D Minta Pemkab Jember Tingkatkan Pelayanan untuk Jemaah Haji

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Ketua Komisi D DPRD Jember H Mochammad Hafidi meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember agar benar-benar melayani  Jemaah Calon Haji (JCH) dengan sebaik mungkin. Walaupun secara umum, penanggung jawab penanganan JCH berada di bawah Kantor Kementerian Agama (Kemenag), namun Pemkab Jember juga mempunyai tanggung jawab untuk memfasilitasi pemberangkatan JCH dari Jember ke asrama haji Sukolilo, Surabaya.

 

“Kami berharap agar jemaah calon  haji difasilitasi sebaik mungkin, akomodasinya gimana, titik kumpulnya ditata sedemikian rupa agar mereka nyaman dan aman menuju asrama,” ungkap Hafidi di kediamannya, Kompleks Pondok Pesantren Islam Bustanul Ulum (IBU), Pakuari, Kabupaten  Jember, Ahad (12/6/2022).

 

Legislator PKB itu menambahkan, saat ini memang terjadi pengurangan kuota kursi JCH oleh Kerajaan Saudi Arabia sebesar 50 persen, termasuk bagi Jember. Sehingga kuota JCH di Jember juga dikurangi separuh dari biasanya.

 

“Okelah soal pengurangan kuota jemaah haji, itu urusan pemerintah puat tapi paling tidak, pelayanan Pemkab Jember  untuk jemaah haji harus ditingkatkan,” pintanya.

 

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Jember, Achmad Musoddaq mengatakan, pihaknya siap melayani JCH sebaik-baiknya karena mereka adalah calon tamu Allah.

 

“Kami fasilitasi pemberangkatan tamu Allah itu sejak dari Jember menuju asrma dengan bus, begitu pula nanti pulangnya kami fasilitasi,” jelasnya.

 

Untuk pemberangkatan dari Jember menuju asrama haji Sukolilo, JCH tidak dipungut biasa karena difasilitasi oleh Pemkab Jember. Saat datang dari Mekah, mereka juga difasilitasi oleh Pemkab Jember, gratis pula.

 

“Jadi sesuai dengan Undang-undang Nomor 13 tahun 2008, maka untuk urusan pergi dan pulang JCH dari Jember ke asrama haji, memang dibiayai oleh APBD,” ucapnya.

 

Sekedar diketahui,  tahun ini total JCH Jember sebanyak 905 orang. Mereka terbagi ke dalam tiga kelompok terbang (kloter), yaitu 24, 26, dan 27. Kloter 24 JCH Jember hanya 22 orang. Di kloter ini, juga akan diisi oleh JCH asal Banyuwangi, Situbondo, dan Sidoarjo. Kloter ini berangkat tanggal 20 Juni 2022 dengan titik kumpul Balai Serba Guna (BSG).

 

Sedangkan kloter 26 berisi 443 orang. Berangkat tanggal 21 Juni 2022, pukul 9.00 WIB dengan titik kumpul Pendopo Wahyawibawagraha.

 

Sementara kloter 27 berisi 440 orang. Berangkat tanggal 22 Juni 2022, pukul 10.00 WIB dengan titik kumpul di Pendopo Wahyawibawagraha.

 

“Pelepasan JCH oleh bupati sekaligus doa bersama akan dilaksanakan di Balai Serba Guna tanggal 15 Juni 2022, pukul 8.00 WIB. Itu pelepasan secara resmi, nanti saat JCH berangkat, bupati tinggal melepas saja,” pungkas Musoddaq (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan