Gus Faiz: Masih Ada yang Mempersoalkan  Pancasila

 

JATIMBERITA.COM | Jember –  Pancasila bukan agama dan tidak dapat menggantikan posisi agama. Pancasila adalah dasar negara, dan tidak bertentangan dengan agama. Justru isi  Pancasila merupakan kristalisasi dari ajaran Islam.

 

Demikian disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Majidi Desa Selodakon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Jawa Timur, M Faiz Nasir saat menjadi narasumber dalam Seminar Kebangsaan di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tanggul, Kabupaten Jember, Rabu (1/6/2022).

 

Menurutnya, penegasan bahwa Pancasila tidak bertentangan dengan agama, daan sebagainya perlu disampaikan kepada masyarakat secara terus-menerus. Sebab, masih ada sekelompok orang yang terus mempersoalkan Pancasila. Mereka melakukan propaganda sedemikan rupa guna mempengaruhi masyarakat bahwa Pancasila bertentangan dengan agama. Mereka juga menebar kegelisahan di tengah-tengah  masyarakat dengan mengatakan bahwa saatu saat nanti Pancasila akan menggantikan agama.

 

“Sampai hari ini masih ada yang mempersoalkan Pancasila. Padahal sejatinya isi Pancasila ada di dalam Al-Qur’an. Mustahil Pancasila bisa menggantikan agama. Agama adalah ciptaan Allah, Pancasila buatan manusia,” urainya.

 

Wakil Ketua  Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jember, itu menegaskan, dari sudut agama,  menjaga kemaslahatan adalah wajib. Maka Pancasila merupakan simbul sekaligus sarana untuk menjaga kemaslahatan umat sekaligus  mempersatukan bangsa Indonesia.

 

“Dan nyatanya, persatuan dan kerukunan bangsa Indonesia terwujud, meskipun budaya, bahasa, suku, bahkan agamanya berbeda-abeda. Oleh karena itu, menjaga Pancasila adalah harga mati,” ungkap Gus Faiz, sapaan akrabnya.

  

Seminar kebangsaan  yang mengusung tema Pancasila Sebagai Falsafah Menurut Sudut Pandang Agama itu digelar untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan