Ini Alasan Bupati Jember Gratiskan 4 Destinasi Wisata Alam

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Bupati Jember Hendy Siswanto terus memutar otak untuk membangkitkan ekonomi masyarakat menyusul semakin tipisnya penetrasi Covid-19. Salah satunya adalah menggratiskan 4 destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Jember. Keempatnya adalah Pantai Watu Ulo, Wisata Rembangan, dan Pemandian Patemon,Tanggul. Bagi Pengunjung yang ber-KTP Jember tak dipungut biaya untuk masuk di tiga destinasi wisata itu mulai tanggal 4 hingga 18 Mei 2022. Sedangkan satu tempat wisata lain adalah Papuma (Pantai Pasir Putih Malikan), juga gratis masuk mulai tanggal 4 Mei hingga 10 Mei 2022.

 

Menurut Bupati Hendy penggratisan tersebut dimaksudkan untuk memancing animo masyarakat agar tradisi wisata tumbuh kembali setelah selama dua tahun nyaris tak ada gairah lantaran terhalang oleh Covid-19. Jika itu terjadi maka akan tercipta sejumlah market place (tempat pasar) baru yang jaraknya cukup panjang.

 

“Kalau kita bicara Watu Ulo, maka market place itu akan terjadi mulai dari kota Ambulu sampai menuju Watu Ulo. Di sepanjang jalan itu akan terjadi transaksi ekonomi, dan tentu saja di area Watu Ulo dan Papuma sendiri,” ujarnya saat meninjau Pantai Watu Ulo dan Papuma, Sabtu (30/5/2022).

 

Ia menambahkan, idul fitri kali ini adalah momentum yang pas untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui penggratisan 4 destinasi wisata itu.

 

“Wes wayahe Jember harus bergeliat dengan digratiskannya destinasi wisata itu. Ini akan tumbuh spirit untuk UMKM maupun warga yang berminat,” urainya.

 

Sedangkan terkait dengan pantai Watu Ulo dan Papuma, menurut Bupati Hendy, pantai manapun di dunia seharusnya gratis, misal di Bali dan pantai di berbagai belahan dunia lain, juga grartis. Jika ingin memungut sesuatu dari pantai tidak harus lewat itket.

 

“Tapi ada cara-cara lain untuk meningkatkan kontribusi pantai terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah),” jelasnya.

 

Walaupun demikian, penggratisan 4 destinasi wisata itu akan dievaluasi setelah masa penggratisan berakhir. Hasil evalausi tersebut akan dijadikan dasar untuk menentukan kebijakan berikutnya terkait sistem masuk ke empat tempat wisata itu.

 

“Uji coba wisata gratis ini dikhususkan bagi warga Jember dengan menunjukkan identitas KTP Jember,” pungkasnya (Ade Nurwahyudi/ary).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan