UIN KHAS Jember Pelopori KKN di Daerah Tertinggal

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Rektor Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Prof Babun Suharto bertekad untuk terus menerjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di pelosok-pelosok Nusantara, bahkan di daerah perbatasan Indonesia.

 

Selain dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa peserta KKN juga punya missi tersendiri, yaitu mengkampanyekan Jember sebagai daerah yang sejuk dan aman.

 

“(mereka) Kita ajari dulu tentang Jember. Salah satunya bahwa Jember itu adem, beda dengan kabupaten lain,” ujarnya saat memberikan sambutan di grand final MTQ-MHQ UIN KHAS Jember di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Kompleks UIN KHAS Jember, Kamis (21/4/2022) malam.

 

Menurut Prof Babun,  UIN KHAS Jember ingin menjadi pelopor bagi kampus lain dalam menerjunkan mahasiswa KKN di daerah tertinggal di luar Jawa. Sebab, daerah tertinggal sangat membutuhkan bimbingan dan pengabdian dari siapapun. Karena itu,  katanya, UIN KHAS Jember pernah mengirimkan mahasiswa KKN di Papua, Bengkalis, dan sebagainya.

 

Ia lalu bercerita tentang pengalamannya yang cukup menegangkan saat menerjunkan mahasiswa KKN di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Saat itu gempa bumi menghantam Mataram.

 

“Malam itu saya masih sampai di Bali, di Mataram sudah terjadi gempa.Akhirnya saya kontak mahasiswa ‘ayo pulang’. Mereka jawab ‘kalau kami pulang, kami jadi mahasiswa cengeng, kami tetap akan meegabdi pada masyarakat Pak rektor’. Itulah yang jadi modal bahwa mahasiswa UIN KHAS Jember mempunyai mental baja yang siap ditempatkan di mana saja,” urainya.

 

Prof Babun menambahkan, pihaknya setiap tahun menerjunkan sekitar 3.500 mahasiswa KKN. Untuk tahun ini, katanya, setidaknya ada 10 provinsi yang menjadi tujuan KKN mahasiswa UIN KHAS Jember. Setiap provinsi kuotanya 5 mahasiswa.

 

“Mereka kita training dulu untuk bisa membawa nama besar Kabupaten Jember, budaya Jember kita ajarkan. Setelah itu mereka bisa berangkat KKN,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan