Persaingan Ketat, Jember Hanya Loloskan 5 Nama dari 12 Kuota Finalis MTQ-MHQ UIN KHAS Jember

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Tahun ini Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Jawa Timur menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MTQ). Inilah MTQ-MHQ pertama kali yang digelar oleh UIN KHAS Jember, bahkan sejak masih bernama STAIN Jember.

 

MTQ tersebut bersifat nasional, diperuntukkan bagi murid SMA dan yang sederajat se-Nusantara, khususnya kelas XI atau XII untuk kategori putra dan putri. Peserta MTQ mencapai 55 orang, mereka berasal dari Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Tengah, Yogyakarta, Sumatra Barat, dan Jawa Barat.

 

Sedangkan MHQ bersifat regional, diperuntukkan bagi murid SMA dan yang sederajat se-Jawa Timur, khususnya kelas XI atau XII, juga untuk kategori putra dan putri. Peserta MHQ mencapai 89 orang dari berbagai sekolah ternama di Jawa Timur.

 

Laga final MTQ-MHQ malam ini cukup istimewa lantaran akan dihadiri oleh tiga tokoh penting sekaligus, yaitu Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI,  Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, dan Bupati Jember, H. Hendy Siswanto.

 

“Saya sudah konfirmasi, insyaallah beliau-beliau hadir nanti,” ujar Rektor UIN KHAS Jember, H Babun Suharto saat dikonfimasi awak media ini di Jember, Kamis (21/4/2022) pagi.

 

Menurut H Babun, sapaan akrabnya, dua event ini digelar untuk menyemarakkan bulan Ramadan 1443 H. Ia bertekad untuk menjadikan MTQ-MHQ sebagai agenda tahunan UIN KHAS Jember, khususnya untuk menyongsong bulan suci Ramadan.

 

“Ya, kira-kira bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru seperti sekarang,” ucapnya.

 

Babak penyisihan MTQ-MHQ sudah dilaksanakan tanggal 14-16 April 2022 dengan zoom online. Dari babak penyisihan itu, kemudian dikerucutkan menjadi 3 peserta untuk kategori putra dan 3 peserta untuk kategori putri, baik MTQ maupun MHQ. Mereka akan berlaga di babak final di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Kompleks kampus UIN KHAS Jember secara offline, malam ini (21/4/2022).

 

Persaingan di babak penyisihan MTQ-MHQ cukup ketat. Jember selaku ‘tuan rumah’ hanya meloloskan 5 nama dari 12 kuota finalis. Selebihnya ‘digondol’ peserta luar daerah seperti Bandung, Jombang,  dan Kediri.

 

Adapun nama-nama peserta yang masuk 3 besar (finalis) untuk MTQ kategori putra adalah Yusri Iesya Huda asal SMAN 2 Jember,  Muhammad Nazri asal SMK Al-Falah Nagreg Bandung, dan Danial Atiq Ma’shum asal MAS Wahid Hasyim Balung Jember. Sedangkan untuk kategori putri adalah Fariza Angel Firdaus asal MAN 2 Kota Kediri, Wilda Fajriyatussa’adah asal MAN-PK Jember, dan Nurul Fauziyah asal MAN 1 Malang.

 

Sedangkan finalis MHQ untuk kategori putra adalah Iqbal Aris Maulana asal  MA Darul Qur’an Pasuruan, Muhammad Farhan Rahardian asal MA Unggulan Nuris Jember, dan Muhammad Ulil Abshor asal MA Al-Falah Jember. Nama-nama finalis untuk kategori putri adalah Alawiyah asal MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Amania Salsabila asal MA Prguruan Mu’allimat Cukir, Jombang, dan Khamidatus Sholeha M. asal SMAN Srono, Banyuwangi.

 

Pemenang 1, 2, dan 3 akan mendapatkan piala, uang pembinaan, beasiswa, dan kuliah di UIN KHAS Jember tanpa melalui tes (Aryudi A Razaq).  

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan