Santri Tani Milenial, Program Unggulan AHSAN

Santri Tani Milenial, Program Unggulan AHSAN

Ketum AHSAN sekaligus Presdir PT BCA, H Slamet Sulistiyono (sebelah kanan, pakai kopiah hitam) saat membagikan amplop dan bingkisan di Desa Karangpring, Sukorambi.

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Dari Santri Untuk Indonesia. Inilah jargon Amanah Harakah Santri Nasional (AHSAN), sebuah organisasi sosial yang berpusat di Jember Jawa Timur. Tak sekadar jargon karena memang santri dan petani yang menjadi bidikan prioritas pemberdayaan AHSAN.  Salah satu program unggulannya adalah Santri Tani Milenial. Di antara isinya ialah pelatihan teknik persemaian  dan pembibitan dan pelatihan teknik budidaya tanaman yang efektif.

 

“AHSAN ingin memberikan keterampilan kepada santri melalui pelatihan-pelatihan dan sebagainya. Saya ingin nanti lulusan pesantren berdaya guna, dan mudah mendapatkan pekerjaan,” ujar Ketua Umum AHSAN sekaligus Presiden Direktur PT Benih Citra Asia (BCA), H Slamet Sulistiyono saat memberikan pengarahan dalam  acara pembagian santunan di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember Jawa Timur, Ahad (17/4/2022).

 

Menurutnya, skill atau keahlian sangat dibutuhkan dalam persaingan dunia kerja. Skill penting bahkan sangat penting meski tanpa harus menafikan pendidikan formal. Dengan bekal skill yang mumpuni dan kemauan yang tinggi, maka seseorang akan memetik kesuskesan dalam usahanya.

 

“Saya punya pekerja, namanya Pak Supriyadi, orang Sumberjambe. Dia hanya lulusan SMP, tapi dia mempunyai keterampilan dan kemauan yang tinggi untuk maju, ” jelas H Slamet.

 

Tak tangung-tanggung, Supriyadi mampu menanam dan mengelola tanaman semangka seluas 15 hektare di Desa Rowosari, Kecamatan Sumebrjambe, Jember. Tanaman semangka ini tergolong modern. Seluruh tanaman semangka di bawah naungan dengan sistem budidaya hidroponik.

 

Dari situlah salah satu sumber bahan baku benih semangka PT Benih Citra Asia (BCA). Selain memproduksi benih semangka, perusahaan yang bermarkas di Dusun Penanggungan Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung Kabupaten Jember itu, juga memproduksi dua ratus lebih varian benih tanaman  hortikultura lainnya.

 

“Pak Supriyadi adalah sosok yang sukses, dia adalah mitra kami,” ucap H Slamet.

 

Pemberian santunan kali ini menyasar 230 orang. Mereka berasal dari Panti, Sukorambi, Patrang, dan Kaliwates. Ini merupakan hari ke-7 dari rangkaian program Turba AHSAN selama Ramadan 1443 H.  Program sosial yang bertajuk AHSAN Peduli  Umat ini, semuanya menyasar 12 titik dengan total 2.046 bingkisan. Dana dari bingkisan itu berasal dari zakat mal PT BCA. Selain disalurkan lewat AHSAN, zakat mal PT BCA juga disalurkan langsung ke kelompok petani mitra PT BCA, dan kantor cabang PT BCA yang menyebar di Jawa Tengah, Kalimantan, dan Sumatra.

 

Dalam Turba AHSAN kali ini, berkenan hadir Dewan Pembina AHSAN, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, para koordiantor desa (Kordes) dan koordiantor kecamatan (Korcam), dan hadirin penerima bingkisan (Aryudi A Razaq).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan