Kepala Disparbud Jember Apresiasi Sheilo, Dalang Cilik Bertalenta asal Jombang

 

JATIMBERITA.COM | Jember – Penampilan Sheilo Dwistanoka yang begitu memikat mendapat perhatian luar biasa dari penonton yang memadati gedung Saksana Wisma, PTPN XI-PG Semboro Gunungsari, Kencong Kabupaten Jember, Jumat (15/4/2022) malam. Sheilo tampil di Pementasan Wayang Kulit Sanggar Seni Lego Laras dalam ajang Parade Dalang Bocah Se-Jawa Timur 2022. Siswa SMP 1 Kencong itu cukup piawai dalam membawakan lakon Sang Rajamala. Suaranya cukup berkarater, dan tangannya dengan lincah memindah wayang seiring alur cerita sang dalang.

 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember, Harry Agus Triono cukup terkesima dengan penampilan dalang cilik bertalenta itu. Menurutnya, kemampuan mendalang  Sheilo, sangat bagus dan luar biasa.

 

“Kita patut berbangga ada adik kita, Sheilo itu bisa mendalang sebagus tadi, sangat luar biasa,” ujarnya usai menyaksikan penampilan Sheilo.

 

Ia menambahkan, bagi anak-anak menekuni kesenian apapun, termasuk perwayangan sangat positif karena selama ini  secara umum pelajar cenderung bergantung kepada smartphone akibat pengaruh belajar daring selama hampir dua tahun.

 

“Dan ini perlu kita apresiasi  karena dia (Sheilo) adalah generasi kita ke depan yang bisa melestarikan budaya, terutama seni pendalangan di Kabupaten Jember ini,” urainya.

 

Pergelaran Parade Dalang Bocah Se-Jawa Timur 2022 yang bertepatan dengan Hari Seni Se-Dunia (15 April 2022) itu, menjadi daya tarik luar biasa bagi penikmat seni dan budaya. Sejumlah elemen juga hadir, di antaranya adalah  Muspika Kencong, beberapa kepala desa di luar Kecamatan Kencong, dan masyarakat umum. Mereka begitu menikmati penampilan Sheilo.

 

Dalam kesempatan itu, Humas PG Semboro, Dyah Yuni menyampaikan banyak terima kasih kepada panitia atas terseleggaranya pementasan wayang tersebut. Dikatakannya, acara itu sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi  bakat seni waayag anak-anak Jember.

 

“Terima kasih untuk semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan wayang yang digelar di gedung Saksama Wisma PTPN XI-PG Semboro Gunungsari Kencong atau kampung londo ini. Ini bagi kami suatu kemajuan yang luar biasa, karena kegiatan seni budaya semacam ini diselenggarakan bertempat di gedung kami, dikemas menjadi kegiatan yang cukup menarik minat para pegiat seni,” kata Dyah.

 

Dyah juga berharap nantinya kegiatan serupa juga bisa digelar di tempat yang sama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

“Karena setahu saya, dulu sebelum pandemi melanda, kampung londo ini sudah dikenal dengan berbagai kegiatan dan juga bazar yang dikemas dengan baik dan juga permainan tempo dulu,” pungkasnya (Aryudi A Razaq).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan